13 Mata Kuliah yang Harus Dikuasai oleh Seorang Perawat

0
mata kuliah keperawatan

Menjadi perawat itu gampang-gampang susah.

Gampangnya karena ilmu keperawatan itu erat kaitannya dengan insting manusia. Erat kaitannya dengan naluri manusia. Jadi boleh dikatakan bahwa ilmu keperawatan itu sudah dimiliki oleh manusia sejak lahir. Karena hal tersebut merupakan fitrah asal manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa menjadi perawatpun sebenarnya kita semua sudah mempraktikan ilmu keperawatannya. Hanya saja kita belum sadar dan belum tahu bahwa hal tersebut adalah ilmu keperawatan.

Semisal mengasuh adik bayi, menolong nenek-nenek menyebrang, merawat orang tua yang sakit dirumah, itu semua adalah ilmu keperawatan. Hanya saja masih mentah. Masih kasar. Masih belum tereksplorasi.

Nah tugas pendidikan keperawatan-lah untuk mematangkan, menghaluskan dan mengeksplorasi lebih jauh mengenai ilmu dan kiat-kiat keperawatan.

Sehingga dengan begitu diharapkan kita bisa mengeluarkan insting dan naluri keperawatan tersebut secara nyata dan maksimal sesuai ilmunya. Itu gampangnya.

Lantas susahnya seperti apa?

Bukan susah sih sebenarnya, saya lebih senang menyebutnya “menantang”. Karena ya tahu sendiri, pendidikan di bidang kesehatan itu hectic banget. Yang namanya berurusan dengan nyawa manusia memang kudu harus dan wajib ekstra disiplin.

Tapi tenang saja, pendidikan keperawatan nggak sehoror yang dibayangkan kok! Serius.

Pengalaman saya, kuliah keperawatan itu asyik. Asyik banget. Karena banyak hal yang dipelajari. Bahkan bisa dikatakan, kuliah di keperawatan itu paket komplit.

Kenapa? Karena kita tidak hanya akan belajar mengenai ilmu-ilmu keperawatan, tetapi juga belajar disiplin ilmu lain. Contohnya, ilmu psikologi, ilmu fisioterapi, ilmu farmasi bahkan ilmu kewirausahaan pun dipelajari.

Tapi coba bandingkan, apakah jurusan psikologi mempelajari ilmu keperawatan juga? Nggak. Apakah jurusan farmasi mempelajari ilmu keperawatan? Nggak. Terus apakah jurusan fisioterapi dan bisnis mempelajari ilmu keperawatan? No, Never!

Makannya saya menyebut kuliah di keperawatan itu paket komplit. Karena ya emang bener-bener komplit. Dari A-Z dipelajari. Jadi beruntunglah mereka wahai mahasiswa keperawatan yang sedang kuliah.

Nah lantas, apa saja sih sebenarnya pelajaran-pelajaran yang harus diketahui oleh seorang perawat?

1Konsep Dasar Keperawatan

Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar tentang seluk beluk ilmu keperawatan. Teori-teori yang mendasarinya, serta tokoh-tokoh yang melahirkan teori-teori tersebut.

Disini juga Anda akan berkenalan dengan tokoh-tokoh Keperawatan Modern seperti Florence Nightingale, Betty Neuman, Dorothea Orem dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga akan belajar mengenai etika keperawatan, nilai-nilai keperawatan dan juga normal yang harus dimiliki oleh seorang perawat.

Konsep dasar ini sangat penting, walaupun belajar konsep selalu membosankan, namun percayalah, disini Anda akan menemukan the true definition of nursing.

2Anatomi dan Fisiologi Manusia

Selanjutnya Anda juga akan belajar mengenai anatomi dan fisiologi tubuh manusia. Dan ini adalah pendalaman dari pelajaran biologi yang sudah Anda terima di bangku SMA.

Tentuny tidak seperti biologi di SMA, pelajaran anatomi fisiologi (anafis) akan mempelajari struktur dan proses tubuh secara mendalam.

Biasanya, Anda akan ditugaskan untuk menghafal organ-organ dalam tubuh, tulang-tulang manusia, tentunya dengan berbagai peran dan fungsinya untuk tubuh.

Selain itu, pelajaran anafis juga membahas tentang fungsi normal dari sistem yang bekerja dalam tubuh manusia, tentang bagaimana suatu organ bekerja dan berfungsi dalam keadaan normal, dan bagaimana organ tersebut mempengaruhi kinerja organ-organ lainnya.

Ini adalah dasar yang harus Anda kuasai dengan baik agar kedepannya Anda tidak tertinggal. Karena ya, pelajaran yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

Jika Anda kurang dalam penguasaan materi anafis ini, nantinya di semester 3 atau 4 ketika Anda belajar mengenai Patofisiologi, Anda akan keteteran sendiri.

Jadi, saran saya, jika Anda ingin menjadi seorang perawat, pahamilah sistem tubuh manusia dengan baik.

3Asuhan Keperawatan

Pelajaran berikutnya adalah Asuhan Keperawatan. Asuhan keperawatn ini merupakan jiwanya dari profesi perawat.

Jika Anda bertanya, apasih pekerjaan perawat? Maka jawabannya adalah “melakukan asuhan keperawatan terhadap pasien”.

Lantas apa sih asuhan keperawatan itu?

Asuhan keperawatan itu adalah suatu proses atau tahapan kegiatan pelayanan keperawatan yang diberikan oleh seorang perawat secara langsung kepada pasien dalam berbagai tatanan pelayanan kesehatan yang meliputi pelayanan kebutuhan biologis, psikologis, sosial dan spiritual.

Bingung? Wajar. Apalagi jika baru mendengar asuhan keperawatan pasti bingung.

Namun tidak usah khawatir, hal tersebut dakan dipelajari secara tuntas di bangku perkuliahan nanti.

Atau, Anda bisa mempelajarinya secara perlahan dengan membaca artikel ini : Konsep Dasar Asuhan Keperawatan Lengkap

4Psikologi Dasar

Nah seperti yang sudah saya katakan diawal bahwasannya perawat akan mempelajari berbagai disiplin ilmu lain, salah satunya adalah ilmu psikologi.

Lho, kenapa perawat harus belajar ilmu psikologi?

Ya karena perawat akan secara langsung berurusan dengan yang namanya manusia dengan segala sifat, sikap dan perilakunya masing-masing, 24 jam sehari 7 hari dalam 1 minggu.

Sehingga, mengetahui ilmu psikologi manusia, diharapkan perawat mampu secara optimal dan maksimal melakukan adaptasi terhadap berbagai macam sifat, sikap dan perilaku manusia.

Keren kan? Tentu saja.

5Farmakologi

Selanjutnya adalah pelajaran farmakologi dasar yang biasanya akan dipelajari mulai semester 2 atau 3. Dalam pelajaran ini Anda akan banyak belajar mengenai obat-obatan beserta fungsinya untuk tubuh.

Selain itu, dalam pelajaran ini juga Anda akan belajar tentang cara menghitung kebutuhan obat dan tentunya belajar mengenai peran dan fungsi perawat dalam pemberian obat-obatan tersebut.

6Pendidikan Agama

Karena pelayanan keperawatan dilakukan secara holistik / menyeluruh yang mencakup askep biologis, psikologis, sosial dan spiritual, maka mata kuliah pendidikan agama ini merupakan pemenuhan dari askep spiritual pelayanan keperawatan.

Disini Anda akan belajar mengenai konsp sehat-sakit dalam pandangan agama, pelayanan spiritual keperawatan dan berbagai hal mengenai konsep hidup mati termasuk peran perawat dalam pemenuhan kebutuhan spiritualitas manusia.

7Komunikasi Terapeutik

Selain ilmu psikologi, Anda juga akan mempelajari ilmu komunikasi lho! Karena ya, salah satu pekerjaan perawat itu ngomong. Jadi perawat nggak bisa diam. Harus dan harus selalu bicara, entah itu berinteraksi dengan pasien, melakukan pengkajian ataupun penyuluhan kesehatan.

Tanpa komunikasi yang baik, efektif dan terapeutik, Anda akan kesulitan untuk berinterasi dengan pasien.

Disini juga Anda akan belajar bagaimana melakukan pengkajian yang baik, menyapa pasien, mendengarkan pasien, membujuk pasien dan belajar bagaimana cara menyampaikan berita “buruk” terkait keadaan pasien kepada keluarga.

8Patofisiologi

Selanjutnya adalah pelajaran Patofisiologi yang merupakan lanjutan dari pelajaran anatomi fisiologi.

Berbeda dengan pelajaran anafis yang membahas struktur dan fungsi normal tubuh, dalam pelajaran patofisiologi Anda akan belajar tentang keadaan tidak normal/abnormal dalam tubuh.

Pembahasan seperti bagaimana sebuah penyakit dapat terjadi, bagaimana penyakit dan menimbulkan komplikasi dan ha-hal lain yang terkait dengan ketidaknormalan fungsi tubuh akan dipelajari disini.

Sehingga, jika Anda kurang menguasai pelajari anafis, siap-siap saja untuk keteteran dalam pelajaran ini.

9Mata Kuliah Stase Keperawatan

Nah disini mulai masuk kedalam ilmu inti keperawatan. Anda harus tahu bahwa selain kerjaannya banyak, urusan perawat juga tidak hanya terbatas pada orang dewasa saja. Tapi, dari mulai anak bayi sampai orang lanjut usia, bahkan dalam detik-detik terakhir kehidupan, semua itu adalah ranahnya seorang perawat.

Sehingga, ilmu keperawatan terbagi-bagi sesuai dengan tahap perkembangan manusia. Ada :

  • Keperawatan Anak
  • Keperawatan Jiwa
  • Keperawatan Medikal Bedah
  • Keperawatan Gawat Darurat
  • Keperawatan Kritis
  • Keperawatan Maternitas
  • Keperawatan Komunitas dan Keluarga
  • Keperawatan Gerontik

Masing-masing mata kuliah tersebut akan dibahas secara terpisah yang berisi teori dan praktik. Dan disinilah ilmu dan kiat keperawatan akan dipelajari secara mendalam dalam terspesialisasi sesuai dengan masing-masing stase.

10Manajemen Keperawatan

Seperti halnya manajemen, dalam pelajaran manajemen keperawatan ini Anda akan belajar tentang bagaimana sebuah asuhan keperawatan dapat diberikan secara maksimal dan optimal dengan memperhitungkan berbagai aspek seperti jumlah tenaga, waktu dan efektifitas pelayanan.

Disini juga Anda akan belajar mengenai cara menghitung kebutuhan perawat, manajemen kasus keperawatan serta bagaimana sebuah manajemen dapat meningkatkan kualitas kehidupan pasien.

11Critical Thinking

Karena perawat adalah profesi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, maka pelajaran berfikir kritis atau critical thinking ini harus dikuasi.

Dalam pelajaran ini Anda akan belajar tentang bagaimana menganalisa sebuah kasus, menentukan prioritas dan melakukan tindakan berdasarkan analisa dan prioritas dengan cepat dan tepat.

Karena seringkali, pertolongan pertama dalam tatanan pelayanan kesehatan dilakukan oleh seorang perawat. Sehingga, kemampuan berfikir kritis ini sangat diperlukan oleh seorang perawat.

12Bahasa Asing

Karena pelayanan kesehatan – keperawatan bersifat universal, artinya terbuka untuk khalayak umum, maka kemampuan bahasa ini juga akan dipelajari oleh seorang calon perawat.

Kebanyakan, pelajaran bahasa yang dipelajari adalah bahasa inggris, namun ada beberapa fakultas dan stikes keperawatan yang mulai melirik bahasa lain seperti bahasa Jepang.

Contohnya adalah Universitas Pendidikan Indonesia yang sudah menerapkan pembelajaran bahasa Jepang untuk para mahasiswa keperawatannya.

13Kewirausahaan Perawat

Terakhir adalah pelajaran kewirausahaan, atau seringkali disebut dengan Nursepreneur atau Entreprenurse.

Lho, kenapa perawat belajar tentang wirausaha?

Karena seperti halnya dokter, perawat juga mempunyai kewenangan untuk membuka praktik sendiri, biasanya dikalangan masyarakat awam, perawat yang melakukan praktik ini disebut dengan mantri, pernah dengar?

Untuk itulah perawat mempelajari ilmu kewirausahaan.


Nah itulah 13 pelajaran yang harus dikuasai oleh seorang perawat dan tentunya jika Anda masuk ke jurusan keperawatan, semua itu akan Anda pelajari.

Selain itu, se-pengalaman saya, di bangku perkuliahan keperawatan kita juga akan mempelajari ilmu-ilmu praktik seperti;

  • bagaimana cara mengukur tekanan darah
  • cara menyuntik dan memasukan obat
  • cara mengambil darah vena
  • cara mengambil darah arteri untuk pemeriksaan AGD
  • cara memasang infus
  • cara melakukan pemeriksaan fisik
  • cara memasang selang NGT
  • cara memasukan kateter
  • belajar cara menjahit luka, dan lain sebagainya

Nah, bagaimana? Masih tertarik untuk masuk ke jurusan keperawatan?

Jika ya, berikut ada adalah beberapa hal dan rekomendasi jurusan keperawatan terbaik yang harus Anda ketahui untuk membantu Anda memantapkan hati sebelum benar-benar memilih jurusan keperawatan;

Semoga bermanfaat, and see you on top!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here