Dapatkan INSENTIF Menarik, gabung jadi penulis di Nerslicious Academy Daftar Disini

7 Cara Mudah Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google

Praktikan 7 cara agar artikel blog cepat terindex google agar artikel cepat terindex oleh mesin pencari khususnya google dalam waktu singkat.

Kapanpun kita menerbitkan sebuah artikel, hal pertama yang tentunya kita inginkan adalah artikel tersebut harus bisa ditemukan atau diketahui oleh orang lain. Sehingga mereka akan membaca artikel tersebut, mengambil manfaatnya dan mungkin meninggalkan jejak komentar.

Dan tentu saja, salah satunya adalah melalui mesin pencari baik itu Google, Yahoo, ataupun Bing.

Namun, seringkali kita harus menunggu beberapa saat sampai Googlebot berhasil menelusuri (crwaling) setiap jejak blog kita (atau artikel terbaru dari blog) dan menambahkannya kedalam index Google.

Hitungannya bisa dalam beberapa jam, hari, atau bahkan minggu.

Namun, sebelum saya melanjutkan ke pembahasan intinya, ada baiknya kita mengetahui dulu faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan index Google dibawah ini. Sehingga setelah membaca artikel ini, teman-teman bisa faham mengenai Google Index secara paripurna.

5 Hal yang Mempengaruhi Kecepatan Index Google

Setidaknya ada 5 hal yang bisa mempengaruhi kecepatan index Google, diantaranya:

  1. Umur domain
  2. Keunikan atau orisinalitas artikel
  3. Kualitas internal link
  4. Kecepatan loading blog
  5. Blogwalking – outbond link

Yuk kita bahas satu persatu!

1. Umur Domain

Karena jelas, semakin tua semakin menjadi. Dan juga rata-rata blog yang sudah berumur memiliki nilai authoriy – PA dan DA – yang tinggi dimata Google.

Lho kok bisa?

Tentu saja, seiring berjalannya waktu, artikel dan juga backlink tentunya juga akan bertambah. Jika artikel dan backlink bertambah, tentunya juga pengunjung akan bertambah pula.Dan hal itulah yang meningkatkan authority blog kita dimana Google.

Itu pula lah yang menjadikan para pemain SEO berburu blog “zombie” atau blog yang telah mati – expired domain – untuk dihidupkan kembali. Karena memang blog-blog tersebut mempunyai authority dan backlink yang sangat banyak.

Jika penasaran dengan blog zombie dan expired domain, silahkan kunjungi situs berikut ini : https://www.expireddomains.net/

2. Keunikan Artikel

Artikel unik disini dalam artian artikel yang orisinil dan bukan hal dari copas (copy-paste). Selain karena melanggar kebijakan google – terutama untuk para publisher adsense – juga blog dengan artikel copas rentan terkena laporan DMCA yang akhirnya akan berujung pada banned dari Google.

Salah satu tools untuk memeriksa originalitas sebuah artikel adalah CopyScape.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah keunikan meta deskripsi dari setiap artikel yang diterbitkan.

cara agar blog cepat terindex

Buatlah meta deskripsi yang sesuai dengan topik atau judul yang dibahas.

Logikanya karena meta deskripsi adalah snippet – garis besar – dari topik yang dibahas dalam artikel, sehingga kesesuaian antara judul dan meta deskripsi juga menjadi salah satu teknik percepatan crawling Googlebot.

3. Internal Link

Selain karena internal link adalah cara terbaik untuk membangun struktur suatu situs/blog, juga karena dengan adanya internal link dalam artikel, akan memudahkan crawling googlebot dari satu artikel ke artikel yang lainnya.

Sehingga proses penelusuran(crawling) akan lebih cepat. Jika crawling cepat, otomatis pengindex-an juga akan menjadi lebih cepat.

Tips, gunakanlah anchor text untuk membuat internal link. Dan juga jangan lupa untuk menggunakan title tag pada setiap link untuk memberikan deskripsi mengenai link tersebut.

Bagaimana cara membuatnya?

<a href=”url artikel” target=”_blank” title=”7 cara realistis mendapatkan uang dari internet”>cara mendapatkan uang dari internet.</a>

Silahkan ganti tulisannya dengan link artikel teman-teman semua.

4. Kecepatan Loading Blog

Cara yang terbukti ampuh lainnya untuk mempercepat index google adalah dengan meringankan ukuran blog untuk mempercepat loading blog itu sendiri.

Baca ini : 5 Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog

Gunakan GTmetrix untuk menganalisis dan mengetahui kecepatan loading blog temen-temen.

Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan memperkecil ukuran media (baik foto, ataupun gambar) yang ada dan akan di upload kedalam artikel blog, atau dengan meminimalisir penggunaan javascript.

Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google

Yang menyenangkan dari GTMetrix adalah, selain disuguhi laporan performances, mereka juga menghadirkan saran dan solusi untuk memperbaiki kinerja situs kita.

Dalam contoh diatas misalnya, untuk meningkatkan kinerja PageSpeed, hal yang bisa dilakukan adalah salah satunya mengoptimasi ukuran gambar (Optimize Images), optimasi javascript, dan lain sebagainya.

5. Blogwalking

To interact and provide useful information. Itulah hakikat dalam blogging. Sehingga blog yang mempunyai interaksi yang baik, apalagi jika didukung dengan artikel yang bermanfaat, akan mempunyai ranking yang baik dimata mesin pencari.

Salah satu interaksi yang bisa dilakukan adalah blogwalking, yaitu kegiatan mengunjungi blog lain untuk memberikan komentar yang relevan dengan isi artikel mereka.

Tips, silahkan kunjungi laman blogwalking blog ini untuk mengetahui siapa saja teman blogger saya yang selalu setia menjadi bagian dari support system kelangsungan hidup blog ini.

Oleh karenanya, semakin sering kita blogwalking maka semakin banyak foundational backlink yang akan kita dapatkan. Sehingga, semakin banyak foundational backlink yang didapatkan, semakin bagus pula ranking blog kita dimata mesin pencari.

Nerslicious.com

Jika sudah seperti itu, authority dimata mesin pencari juga akan naik yang secara otomatis, proses crawling juga akan semakin cepat.

Oke, setelah mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi kecepatan index Google, lantas bagaimana sih cara agar artikel blog cepat terindex?

7 Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex Mesin Pencari

Setelah mengetahui 5 hal yang mempengaruhi index google, sekarang lakukan ke 7 hal dibawah ini agar artikel blog dapat cepat terindex oleh mesin pencari.

1. Submit Sitemap ke Mesin Pencari Google / Bing

Sitemap bisa diartikan sebagai daftar halaman atau navigasi struktur sebuah situs. Sitemap berbentuk file dengan ekstensi .xml yang memungkinkan Googlebot untuk merayapi (crawling) suatu situs dengan lebih cepat dan cerdas.

Kenapa?

Karena sitemap berisi mengenai URL situs dan informasi tambahan lainnya seperti kapan saat situs tersebut diperbarui, seberapa sering perubahannya (reguler dan irreguler), dan seberapa penting kaitannya dengan URL lain di situs tersebut.

cara agar blog cepat terindex

Bagaimana cara menggunakan sitemap?

Untuk pengguna wordpress, sitemap biasanya dibuat dengan menggunakan plugin, dan untuk pengguna blogspot, sitemap tersebut biasanya sudah terintegrasi dengan struktur url seperti dibawah ini :

  • https://nerslicious.com/sitemap.xml
  • https://nerslicious.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • https://nerslicious.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Silahkan ganti alamat nerslicious.com dengan alamat blog teman-teman. Lalu submit/daftarkan di Google Webmaster Tools untuk mesin pencari Google, dan di Bing Webmaster Tools untuk mesin pencari Bing

2. Link Building

Singkatnya, link building adalah teknik membangun blog agar lebih terstruktur. Selain dapat meningkatkan status SEO situs, link building juga dapat meningkatkan authority situs kita dimata mesin pencari.

Berikut adalah gambaran struktur situs yang banyak di praktikan oleh para praktisi SEO.

Teknik Link Building

Selain untuk SEO, struktur web seperti gambar diatas juga dapat meningkatkan kualitas internal backlink suatu situs.

Namun dalam penerapannya, seringkali kita memasang internal link ke sembarangan artikel. Sehingga struktur situs menjadi seperti gambar dibawah ini;

Link Building

Pun dengan saya. Ya apa atuh da kita mah, bukan praktisi SEO. Ngeblog juga karena suka aja, bukan full time blogger yang make money online from blogging. Ya kan?

Kalaupun memang dapat menghasilkan uang dari aktifitas ngeblog, ya syukur alhamdulillah. Dapat bonus.

Tapi nggak apa-apa, setidaknya kita sama-sama tahu bahwa secara teori, beginilah teknik link building yang banyak di gunakan oleh praktisi SEO.

3. Social Bookmarking

Salah satu cara untuk mempercepat index google juga bisa melalui share konten ke media sosial. Atau lebih populer disebut dengan Social Bookmarking.

Menurut Gotch SEO, social bookmarking adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan Foundational Backlink.

FYI, Terdapat 2 macam backlink. Yang pertama adalah Foundational Backlink, yaitu backlink untuk meningkatkan kepercayaan (TrustRank) suatu situs. Yang kedua adalah Power Backlink, yaitu backlink untuk menaikan posisi SERP (Search Engine Result Pages), gampangnya biar pejwan di Goole.

Beberapa situs yang bisa digunakan untuk social bookmarking diantaranya Facebook (personal, fans page atau group), Twitter, Google +, Instagram, Quora, SlideShare, Youtube.

Oh ya, blogwalking juga termasuk kedalam social bookmarking lho!

4. PING Google

Singkatnya, PING adalah proses “memaksa” bot untuk melakukan crawling terhadap blog kita. Seperti halnya PING!!! dalam BBM yang “memaksa” kita untuk sesegera mungkin membalas bbm tersebut.

Ada banyak situs ping yang bisa kita gunakan, diantaranya : Google PING, Pingler, Pingates, dan Ping O Matic.

Namun, karena sifatnya yang “memaksa”, saya tidak menganjurkan untuk melakukan PING setiap kali kita menerbitkan suatu artikel baru. Gunakanlah PING jika dan hanya jika dalam 2-3 hari index artikel kita belum juga update.

Karena jika keseringan, nanti hasilnya bukan mempercepat, malahan akan membuat blog kita dicap sebagai blog spam. Jadi hati-hatilah.

5. Update secara Reguler

Googlebot merayapi suatu situs sesuai dengan perilaku situs tersebut. Semisal, jika kita meng-update konten secara teratur, maka Googlebot juga akan melakukan crawling situs kita secara teratur pula.

Pun sebaliknya. Itulah kenapa, sitemap.xml mengandung informasi tambahan tentang frekuensi update situs. Karena hal tersebut akan menentukan perilaku crawling Googlebot terhadap suatu situs.

Masuk akal?

6. Template Mobile Friendly dan Responsive

Tahun 2015 lalu, tepatnya pada tanggal 21 April – masih inget karena tepat seminggu setelah itu, salah satu blog saya kena de-index – Google meluncurkan algoritma baru yang dinamai Mobilegeddon.

Index google

Algoritma ini, sesuai dengan namanya, yaitu berfokus pada optimalisasi dan memperbarui pencarian yang bisa sesuai dengan versi mobile atau ponsel. Yang berarti, mobile theme akan mendapatkan tempat istimewa di hati Google.

Sederhananya seperti itu.

Sehingga, algoritma ini berlaku dan mempengaruhi setiap aspek dalam dunia mesin pencari dan tentunya web/blog/situs. Termasuk didalamnya adalah perilaku crawling dan indexing.

Berikut pemaparan yang saya kutip dari notifikasi Adsense tahun 2015 lalu ;

Mulai 21 April, Google Search akan memperluas penggunaan kesesuaian untuk seluler sebagai sinyal untuk menentukan peringkat. Periksa kembali apakah situs Anda lainnya siap untuk perubahan ini dengan menguji halaman situs menggunakan alat Pengujian Situs Mobile-Friendly.

Perubahan ini akan mempengaruhi penelusuran seluler dalam semua bahasa di dunia dan akan memiliki dampak yang signifikan pada hasil Google Penelusuran. Pengguna akan lebih mudah mendapatkan hasil penelusuran relevan dan berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk perangkat mereka.

Bila situs Anda sesuai untuk seluler, Anda juga akan merasakan manfaatnya melalui penambahan pengguna dan pendapatan di seluruh layar.

Sudahkah situs teman-teman menggunakan template yang mobile friendly dan responsive?

7. Google Add New Site

Google add new site atau sering juga disebut Google Submit Url adalah sebuah alat yang disediakan oleh Google untuk memberitahukan Googlebot untuk melakukan crawling dan indexing terhadap artikel yang kita submit.

Sederhananya, ini adalah alat PING yang resmi dikeluarkan oleh Google untuk memfasilitasi para webmaster/pengelola situs/.

cara agar blog cepat terindex

Cara ini cukup populer belakangan ini, karena selain simple, prosesnya juga terhitung cepat. Dari pengalaman beberapa blogger di Ads-Id, termasuk saya, tidak sampai 5 menit dari sejak kita submit artikel di Google Submit Url, artikel kita sudah dapat ditemukan di pencarian Google.

Berikut screenshot contoh kecepatan index dari Google Add New Site. Artikel ini terindex di pencarian google tidak lebih dari 10 menit setelah di publish.

Agak lama sih dibanding pengalaman blogger lainnya, mungkin Google sedang sibuk. Namun masih sangat berguna daripada harus nunggu 1-2 hari, ya kan?

Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google

Karena belum dapat backlink, jadi belum pejwan. So, di pencarian harus mencantumkan alamat blog nerslicious

Tidak percaya? Silahkan teman-teman coba sendiri disini :  Google Add New Site.

Selesai!

Bagaimana? Mudah bukan?

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar artikel blog dapat cepat terindex oleh mesin pencari yang dirangkum dari beberapa blogger dengan dibumbui pengalaman sendiri. Semoga bermanfaat.

Share on:

56 thoughts on “7 Cara Mudah Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google”

  1. Terimakasih bang jadi tambah ilmu lagi,
    Seperti blog saya masih banyak salahnya yang perlu di perhatikan dan diperbaiki supaya artikel saya cepat terindex ๐Ÿ™‚

    Reply
  2. kalau konten berdaya saing mas, kalau belajarnya blog panduan im disitu tulisannya panjang banyak kata mas, rata ada dihalaman pertama google dg kata kunci tertentu

    dari baca awal sampai akhir, sip untuk artikel ini, dengan pengetahuan ini semoga kawan kawan blogger disini bisa berkembang

    Reply
  3. Untuk anchor text pada link, apa sewajib itu ya gan harus pakai metode script untuk memasukkan link ny? Soal nya saya hanya pakai menu yg ada di compose kalo mau pasang inbound maupun outbound link..

    Reply
  4. Penggunaan title tag pada link itu bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai link tersebut bang, sebenarna sama saja dengan yang ada di menu compose, bedanya hanya menambahkan attribute title tag doang.

    Mau dipake atau nggak sebenernya juga nggak apa2, hanya bumbu pemanis untuk meningkatkan SEO saja bang hihi

    Reply
  5. Nice share, Mas..
    Aku lagi sibuk2nya di offline sebenarnya, tapi malam ini sblum istirahat lagi pengen belajar dulu nih, dengan BW, sengaja kesini. Dapet masukan juga, beberapa udah d.lakuin sih, tinggal sempurnain..he
    Sukses selalu, Mas..

    Reply
  6. Beberapa tipsnya akan coba sengaja aku praktikin ah. Soalnya selama ini tulisan-tulisanku yang terindeks google emang nggak pernah disengaja buat terindeks. Nulis ya nulis aja karena berdasar pengalaman atau menurutku bisa berguna buat orang lain. Eh ternyata beberapa artikel justru terindeks di page one lagi, alhamdulillah.

    Reply
  7. umur dan pengalaman emang nggak bisa nipu sih. aku punya blog tua dan lama meski nggak pernah posting tapi masih rame karena dibangun dahulu kala sebelum negara api menyerang. beda dengan blog baru yang harus bersusah untuk mencapai kesuksesan.

    Reply
  8. Blogger junjungankuuuu, keren ih sharingnya. Apalah aku yang nggak begitu mikirin trafik blog, tp skrg jd tau gimana caranya biar banyak pengunjung, hhh
    Makasih mas, sharenya bermanfaat bgt ๐Ÿ™‚

    Reply
  9. Waduhhh,,,sdh ramai nich Para Master yg koment diatas, ๐Ÿ™‚

    saya sependapat dng apa yang di uraikan diartikel diatas….

    pengindeks'an ini memang penting agar artikel cepat dan mudah ditemukan di Mesin Pencari. ๐Ÿ™‚

    Reply
  10. Baru beberapa aja yang tak terapin di blog saya mas. Dari BW kesini jadi tau tips-tipsnya biar tulisan kita bisa masuk page one google. Tinggal nerapin hal-hal yang belom saya lakuin aja ini.

    Reply
  11. iya mas, blog saya juga yang dulu dibuatin sama avatar dibantu uciha sampe sekarang masih generate trafik dari google, udah lama nggak update padahal. Apalagi semenjak tsunade maksa bannernya pengen dipasang di blog, zuko tiap hari visit blog itu mulu wkwkwkwk

    Reply
  12. Kalo saya langsung pakai cara terakhir,endingnya langsung terindex Google cuma kebanyakan dapat google page 5 ke atas, hahahaha apa mungkin usia blog saya msh seumur bayi kali yah..

    Reply
  13. salam kenal:
    saya suka postingannya,

    kalau boleh nanya, apakah bila kita mensubmit url kita ke selain google (googel webmaster) seperti yahoo atau bing, dll,, itu akan melanggar kebijakan untuk situs yang terdaftar sebagai publisher google adsense ?? trims

    Reply

Leave a Comment