Trivia: Tahukah Kamu dengan Tokoh-Tokoh Keperawatan Berikut Ini?

Dunia Keperawatan Indonesia setiap harinya selalu berkembang dan melahirkan sosok-sosok pejuang dunia keperawatan yang mengabdikan diri demi keperawatan Indonesia lebih baik lagi, dan itu semua tidak lepas dari peran berbagai pihak terutama tokoh-tokoh keperawatan berikut ini.

Namun pertanyaannya, seberapa baik kah kita mengenal mereka? Yuk kenalan dengan perawat-perawat hebat seperti mereka!

Profesor Keperawatan Laki-Laki Pertama Indonesia, Siapakah Beliau?

Prof Nursalam Hons
Correct! Wrong!

Prof Dr Nursalam, M.Nurs (Hons) yang merupakan Guru Besar Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya merupakan guru besar pertama bidang keperawatan yang berjenis kelamin laki-laki di Indonesia. Tepatnya hari sabtu, 18 Januari 2014, beliau dikukuhkan menduduki jabatan fungsional tertinggi bagi seorang dosen

Salah Satu Guru Besar Fak. Ilmu Keperawatan UI, Siapakah Beliau?

Prof. Achir Yani S Hamid
Correct! Wrong!

Prof. Achir Yani Syuhaimie Hamid M.N., D.N.Sc. resmi menjadi profesor ke-2 di FIK UI dan sekaligus profesor pertama di bidang keperawatan jiwa pada Desember 2006 lalu.

Ketua Umum PPNI ke 8 (Periode 2010-2015), Siapakah Beliau?

Dewi Irawati, PhD
Correct! Wrong!

Pemilihan Ketua Umum PPNI periode 2010 - 2015 pada Munas VIII di Balikpapan dimenangkan oleh Ibu Dewi Irawaty, Ph.D yang bersaing dengan Ibu Prayetni, Skp., M.Kep.

Guru Besar Perawat Pertama di Indonesia, Siapakah Beliau?

Prof. Dra. Elly Nurachmah, D.N.Sc
Correct! Wrong!

Doktor Ilmu Keperawatan (Onkologi) tahun 1998, The Catholic University of America, Washington DC, Prof. Dra. Elly Nurachmah, D.N.Sc merupakan Guru Besar Perawat Pertama di Indonesia.

Guru Besar Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia Bidang Ilmu Keperawatan Jiwa, Siapakah Beliau?

Prof. Budi Anna Keliat, S.Kp., M.App.Sc
Correct! Wrong!

Pada 27 Maret 2013, Profesor Keperawatan Jiwa di FIK UI bertambah. Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp., M.App.Sc. resmi menyandang gelar profesor setelah menyampaikan pidatonya yang berjudul “Kontribusi Keperawatan Kesehatan Jiwa dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Jiwa di Indonesia” di hadapan rektor dan para guru besar Universitas Indonesia.

Suka dengan artikel ini?

Jadilah bagian dari Nerslicious Learningpad agar tidak ketinggalan informasi ilmu dan kiat keperawatan terbaru dari kami. Plus, akses ke berbagai konten premium kami. Gratis!

Ayo Jadi Bagian dari Nerslicious!

Apakah anda seorang Perawat Pendidik? Mari bergabung sebagai mentor di Nerslicious Academy, dan bantu kami untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan keperawatan digital di Indonesia!

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on top - Get the nursingdaily in your inbox