Trivia: Apa Saja Sih Fungsi Sistem Endokrin Itu?

Selain struktur, yang membedakan setiap kelenjar dari sistem endokrin adalah sekresi yang dihasilkan dan fungsinya, apa saja sih fungsi-fungsinya?

Fungsi Sistem Endokrin

Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk mempengaruhi organ-organ lain.

Sistem endokrin disusun oleh kelenjar-kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin mensekresikan senyawa kimia yang disebut hormon. Hormon merupakan senyawa protein atau senyawa steroid yang mengatur kerja proses fisiologis tubuh.

Baca Juga: Download Cheat Sheet Sistem Endokrin

Kelenjar endokrin dalam tubuh terdiri dari kelenjar hipofisis, kelenjar adrenal, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar pineal, dan pulau langerhans pada pankreas. Kelenjar tersebut memiliki struktur yang berbeda satu sama lain. Selain struktur, yang membedakan setiap kelenjar adalah sekresi yang dihasilkan dan fungsinya. Yuk ketahui fungsi dari masing-masing kelenjar tersebut !

Kelenjar kecil ini melepaskan hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar kalsium dalam darah dan metabolisme tulang, kelenjar ini bernama?

Fungsi Sistem Endokrin Vegactu.com
Correct! Wrong!

Kelenjar Paratiroid. Kelenjar paratiroid adalah dua pasang kelenjar kecil yang tertanam di setiap sisi permukaan kelenjar tiroid. Kelenjar kecil ini melepaskan hormon paratiroid yang berfungsi untuk mengatur kadar kalsium dalam darah dan metabolisme tulang.

Bagian dari sistem endokrin yang mengeluarkan hormon somatostatin yang menyebabkan kelenjar pituitari menghentikan pelepasan hormon pertumbuhan adalah ...

Fungsi Sistem Endokrin hormone.org
Correct! Wrong!

Hipotalamus. Hipotalamus mengeluarkan hormon yang merangsang dan menekan pelepasan hormon yang disekresikan menuju kelenjar hipofisis melalui arteri. Hipotalamus juga mengeluarkan hormon somatostatin yang menyebabkan kelenjar pituitari menghentikan pelepasan hormon pertumbuhan. Selain itu, letaknya yang berada di tengah bagian bawah otak memiliki peran penting dalam pengaturan rasa kenyang, metabolisme, dan suhu tubuh.

Terletak di dalam otak, dan memproduksi hormon yang membantu mengatur pertumbuhan, produksi dan pembakaran energi serta menjaga tekanan darah ...

Fungsi Sistem Endokrin akurat.co
Correct! Wrong!

Kelenjar Hipofisis. Kelenjar hipofisis atau kelenjar pituitari letaknya berada di dalam otak, tepatnya di bawah hipotalamus. Setelah mendapatkan rangsangan dari hipotalamus, kelenjar hipofisis akan memproduksi hormon yang membantu mengatur pertumbuhan, produksi dan pembakaran energi, menjaga tekanan darah, serta berbagai fungsi pada organ tubuh lainnya.

Kelenjar penghasil hormon kortikosteroid dan ketokolamin adalah kelenjar?

Fungsi Sistem Endokrin hellosehat.com
Correct! Wrong!

Kelenjar Adrenal. Kelenjar berbentuk segitiga yang berada di atas setiap ginjal ini terdiri dari dua bagian. Pertama, bagian luar atau biasa disebut dengan korteks adrenal dan bagian keduanya adalah medula adrenal yang terletak di bagian dalam. Bagian luar menghasilkan hormon yang disebut kortikosteroid, yang mengatur metabolisme, fungsi seksual, sistem kekebalan, serta keseimbangan garam dan air dalam tubuh. Sementara, bagian dalam atau medula adrenal menghasilkan hormon yang disebut katekolamin yang berfungsi untuk membantu tubuh mengatasi tekanan fisik dan emosional dengan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.

Kelenjar yang erat kaitannya dengan penyakit diabetes mellitus adalah kelenjar?

hellodoctor.co.za
Correct! Wrong!

Pankreas. Pankreas adalah organ memanjang yang terletak di perut bagian belakang. Pankreas memiliki fungsi pencernaan dan hormonal misalnya pankreas eksokrin yang mengeluarkan enzim pencernaan. Selain itu, terdapat pankreas endokrin yang mengeluarkan hormon insulin serta glukagon yang mengatur kadar gula dalam darah.

Kelenjar ini menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh, membantu menjaga tekanan darah, detak jantung, dan fungsi reproduksi. Kelenjar ini bernama?

Fungsi Sistem Endokrin Vegactu.com
Correct! Wrong!

Kelenjar Tiroid. Kelenjar yang terletak di bawah leher bagian depan ini menghasilkan hormon tiroid yang mengatur metabolisme tubuh. Hormon tiroid juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang otak dan sistem saraf pada anak-anak. Selain itu, hormon tiroid juga membantu menjaga tekanan darah, detak jantung, dan fungsi reproduksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here