5 Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Menjanjikan dan Patut Dicoba

Jika Anda ingin tahu ide peluang usaha setelah lebaran, maka postingan ini cocok untuk Anda.

Hari ini saya akan menunjukan, 5 peluang usaha setelah lebaran yang bisa Anda lakukan walaupun dengan modal kecil sekalipun namun dengan keuntungan yang menjanjikan.

Tapi pertama-tama Anda mungkin bertanya, apakah bisnis tersebut bakalan laku keras?

Tidak seperti hari-hari biasa, lebaran adalah waktu spesial dimana semua orang sibuk dengan urusan keluarganya masing-masing dan memasuki fase "sedang ingin dilayani" dan tak ingin melayani.

Karenanya, tips agar usaha setelah lebaran laku keras adalah dengan membuka usaha dibidang jasa pelayanan.

Apa saja peluang usaha jasa pelayanan tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Laundry - Peluang Usaha yang Bakal Diserbu Setelah Lebaran


5 Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Menjanjikan dan Patut Dicoba

Usaha laundry ini sebenarnya sudah laris manis meskipun dihari-hari biasa. Pertama karena masalah kesibukan dan keinginan untuk selalu hidup serba instan dan praktis. Itulah kenapa bisnis ini selalu laku.

Pun dengan setelah lebaran.

Rasa-rasanya pasti malas banget kalau pulang mudik, lalu harus mencuci pakaian, iya kan? Apalagi jika mudiknya jauh,lintas kota atau lintas pulau. Pasti cucian yang dibawa bakalan menggunung.

Disinilah kesempatan muncul untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Nah, untuk Anda yang baru memulai usaha, jangan ciut dulu karena yang buka usaha laundry sudah banyak. Karena mau tidak mau, kebutuhan usaha ini pasti akan diserbu dan yang sudah buka jasa laundry bakalan keteteran atau over-loaded.

Tips Buka Usaha Laundry Setelah Lebaran :

  • Mulailah dari orang-orang terdekat, seperti tetangga atau rekan kerja
  • Ketahui sistem kerja laundry seperti apa
  • Tetapkan harga yang bersaing
  • Promosikan dari H-10 melalui media sosial bahwa Anda membuka jasa laundry
  • Gunakan teknik promo atau diskon dengan bijak

2. Bisnis Hewan Kurban - Peluang Usaha Tahunan yang Menguntungkan Setelah Lebaran


5 Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Menjanjikan dan Patut Dicoba

Bisnis ini memang menjanjikan. Walaupun bisnis ini tergolong bisnis tahunan atau musiman, namun jika bisa memanfaatkannya dengan baik, Anda bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit.

Bayangkan saja, harga sapi bisa naik 17 hingga 30 jutaan ketika Idul Adha. Kambing saja paling murah mungkin sekitar 2,5 - 3 jutaan.

Sehingga, bisnis hewan kurban akan sangat menguntungkan.Namun, bukan berarti tanpa resiko. Sejalan dengan keuntungannya yang bisa berlipat-lipat, tentunya resiko yang akan dihadapi juga berlipat pula.

Karenanya, 5 tips berikut ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang berniat membuka usaha bisnis hewan kurban setelah lebaran.

Tips Usaha Hewan Kurban Setelah Lebaran :

  • Miliki modal yang cukup besar, setidaknya cukup untuk membeli beberapa ekor sapi dan kambing. Bandingannya 1 : 5. Jika sapi 10, maka kambingnya 50.
  • Hindari titip jual hewan, apalagi jika Anda tidak mengenalnya sama sekali. Lebih baik jual sendiri dan transaksi sendiri.
  • Belilah hewan kurban dari tempat/tengkulak yang terpercaya dan islami
  • Perhatikan usia dari hewan kurban yang hendak dibeli. Untuk kambing dan sapi, biasanya tidak boleh lebih muda dari 18 bulan.
  • Tentukan lokasi yang strategis, biasanya dipinggir-pinggir jalan.

3. Cuci Motor/Mobil - Peluang Usaha yang Menjanjikan Setelah Lebaran


5 Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Menjanjikan dan Patut Dicoba

Bolak balik keluar kota selama momen ramadhan - lebaran tentunya akan membuat usaha cuci motor dan mobil menjadi salah satu usaha yang patut Anda lirik.

Bahan-bahan yang digunakan juga cukup terjangkau, hanya bermodalkan kompressor dan bahan serta peralatan cuci motor/mobil. Tentunya, ini bisa disesuaikan.

Jika Anda tidak mempunyai lahan yang cukup luas, membuka usaha cucui motor mungkin bisa menjadi pilihan. Namun jika mempunyai lahan yang cukup untuk menampung 1-2 mobil, maka membuka cuci motor dan mobil akan lebih baik lagi.

Tips Membuka Usaha Cuci Moto/Mobil yang Anti Sepi :

  • Pilih lokasi yang strategis, terutama mudah dijangkau baik oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.
  • Utamakan pada kualitas hasil agar pelanggan puas dan kembali lagi menggunakan jasa Anda.
  • Tentukan harga yang bersaing, tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal. Sesuaikan dengan kualitas pelayanan yang akan diberikan.
  • Sediakan tempat menunggu yang cukup nyaman. Tidak perlu 'wah', asal membuat pelanggan bisa nyaman sambil menunggu kendarannya beres di cuci.
  • Sediakan fasilitas WiFi untuk memanjakan pelanggan. Ini bersifat optional, namun untuk jaman sekarang sih sepertinya ini adalah sebuah 'keharusan'.

4. Bisnis Katering - Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Banyak dicari


5 Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Menjanjikan dan Patut Dicoba

Salah satu tradisi lebaran di Indonesia adalah mudik. Baik pekerja kantoran, pegawai negeri sipil sampai pedagang-pedagang pun banyak yang mudik.

Yang jadi masalah, biasanya para pedagang ini baru kembali berjualan setelah 2-3 minggu setelah lebaran.

Kebayang dong bagaimana jika seandainya Anda mulai merintis usaha katering dalam momen tersebut, dijamin laris manis!

Namun tentunya, walaupun permintaan katering bakalan 'diserbu' setelah lebaran, untuk membuka usaha ini tentunya tidak bisa hanya modal nekad. Setidaknya Anda harus bisa masak atau mempekerjakan orang lain untuk memasak.

Biasanya, usaha katering setelah lebaran ini meningkat untuk memenuhi kebetuhan makan siang di daerah perkantoran. Nah Anda bisa masuk dan memanfaatkan kesempatan ini untuk merintis dan memperkenalkan bisnis katering Anda disaat pedagang-pedagang katering lain sedang meliburkan diri.

Tips Membuka Usaha Katering yang Cring-cring :

  • Tentukan jenis katering yang akan Anda buka, apakah katering khusus kantoran, anak sekolah, katering rumahan atau katering untuk acara-acara besar seperti pernikahan. Ini penting karena nantinya akan berkaitan dengan modal yang akan Anda keluarkan.
  • Cari supplier yang murah, berkualitas dan terpercaya. Karena setiap hari Anda akan membutuhkan bahan makanan untuk bahan katering Anda. Carilah supplier bahan makanan yang harganya sama dengan harga pasar, sehingga kebutuhan belanja Anda tidak akan membengkak.
  • Utamakan kualitas rasa dan pelayanan. Atau dalam bahasa bisnis disebut Customer Satisfaction.
  • Tentukan harga yang bersaing sejalan dengan pelayanan dan kualitas yang Anda berikan.
  • Perhatikan kesegaran makanan. Ini haruslah menjadi prioritas ketika Anda terjun kedalam dunia katering. Terutama yang harus menjadi perhatian Anda adalah bagaimana caranya makanan yang dikirim ke konsumen agar tetap segar dan tidak bau.


5. Broker Gadget Bekas - Peluang Usaha Setelah Lebaran Modal Minim 


5 Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Menjanjikan dan Patut Dicoba

Biasanya karena kebutuhan akan modal usaha, atau untuk menutupi biaya kebutuhan hidup, banyak sekali orang yang menjual gadgetnya sehabis lebaran.

Apalagi setelah membaca artikel ini mungkin salah satu dari pembaca jadi termotivasi untuk membuka usaha setelah lebaran sehingga menjual gadgetnya untuk kebutuhan modal.

Hal ini tentunya bisa Anda manfaatkan dengan menjadi seorang broker gadget bekas.

Anda bisa menjadi perantara untuk menjualkan gadget mereka dengan menambahkan margin untuk keuntungan Anda. Besaran margin keuntungan bisa Anda tentukan sendiri, tergantung kepada kesepakatan Anda dengan yang punya gadget, kualitas dan kelengkapan gadget yang Anda jual kembali.

Atau, jika Anda mempunyai modal, Anda bisa langsung membelinya dengan harga dibawah pasaran sehingga Anda dapat menjual kembali dengan menambahkan margin untuk keuntungan Anda.

Tips Membuka Usaha Broker Gadget Bekas :

  • Setidaknya Anda harus faham masalah gadget, kualitasnya dan spesifikasinya.
  • Jalin kerjasama dengan beberapa konter yang terpercaya yang bisa menampung gadget bekas yang Anda tawarkan.
  • Mematok harga yang bersahabat, tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal.
  • Jujur, karena setiap gadget bekas pasti terdapat kekurangan, maka kejujuran adalah modal dan integritas yang harus Anda pertahankan ketika menjalani bisnis ini.
  • Maksimalkan media sosial untuk promosi. Dewasa ini banyak sekali forum atau grup-grup media sosial terutama facebook yang secara khusus menyediakan tempat untuk menjual barang-barang bekas, salah satunya gadget bekas. Masuklah kesana dan promosikan gadget bekas Anda.

Nah itulah 5 peluang usaha setelah lebaran yang menjanjikan yang bisa Anda coba. Ide sederhana namun jika dimanfaatkan dengan baik bisa mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Sekarang pilihannya terserah Anda : Anda cocoknya membuka usaha yang mana?
Nugraha Fauzi
Indonesian Registered Nurse, Part Time Blogger, Full Time Writer, also a Budget Traveller.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter