Kaya Raya : From Zero to Hero Hanya Dari 1 Artikel Blog

Kaya itu karakter, kalau hanya di tampilan doang, itu bukan kaya,tapi banyak gaya!
- Dewa Eka Prayoga -

Hi there! Selamat datang di Nerslicious | All Explain in Detail. Sebuah blog personal yang saya - Nugraha Fauzi - kelola sendiri.

Saya, secara profesional adalah seorang Perawat dengan segudang ketidak-normalan dibanding Perawat pada umumnya. Saya pernah bekerja di salah satu Rumah Sakit Top di negeri ini dengan gaji diatas rata-rata. Saya bilang diatas rata-rata karena ya memang diatas rata-rata, mungkin 2 sampai 3 kali lebih banyak dibanding gaji perawat pada umumnya, saat itu.

And then, setahun kemudian memutuskan untuk resign dengan segudang tanda tanya besar di kalangan teman-teman saya. 3 bulan pasca resign, bangkrut dan menanggung beban sebesar hampir 20 juta yang harus saya bayar. Hufttttt!

Tapi ini bukan tentang bagaimana kisah pilu saya terjadi di masa lalu.

Tetapi lebih kepada bagaimana saya bisa bangkit dari keterpurukan dan hidup sampai saat ini. Bagaimana saya me-manage beban (baca: hutang) dan keuangan - baik pribadi ataupun usaha - serta apa yang saya lakukan pasca kebangkrutan.

Saya menulis artikel ini sebagai ucapan selamat datang permanen, yang mana diharapkan bisa membantu teman-teman pengunjung - yang hampir lebih dari setengahnya adalah pengunjung baru - untuk mulai menelusuri tulisan-tulisan yang ada di blog sederhana ini.

Dan hal itu lebih baik dimulai dari tulisan ini. Sebuah tulisan yang Insya Allah bisa membuat Anda kaya raya!
Kaya Raya : From Zero to Hero Hanya Dari 1 Artikel Blog

Jadi, Anda tahu bahwa kaya itu karakter. Bukan soal tampilan, atau pencitraan doang. karena yang seperti itu biasanya hanya banyak gaya saja.

Makan di restoran, upload IG. Di parkiran ada mobil mewah, numpang foto, upload FB. Sekalinya punya mobil, cicilan tiap bulan bikin ketar ketir. 5 Tahun pula! Smartphone keluaran terbaru, nongkrongnya di kafe pinggir jalan yang selalu diserbu. Tapi beli kuota nggak mampu. Cicilan disana sini menunggu. Tiap kali ada SMS/telepon, fikiran selalu tak menentu. Karena tagihan selalu memburu setiap waktu.

Itulah sedikit gambaran mengenail gaya hidup Hedonic Treadmill.

Dulu, saat gaji 3 jutaan, hidup sebulan di perkotaan bisa mencukupi. Saat naik jadi 10 juta, entah kenapa selalu habis. Parahnya, saat gaji menyentuh angka 20 juta, masih saja merasa kurang.

Dan itulah yang dimaksud dengan Hedonic Treadmill. Semakin tinggi pendapatan, semakin banyak pengeluaran. Akhirnya, berapapun yang dihasilkan, tidak pernah cukup untuk membiayai pengeluaran. Jangankan untuk tabungan, untuk makan saja kadang mengandalkan pinjaman.

Satu kata : Miris!

Oke cukup dengan kemirisannya. Izinkan saya sedikit bercerita sebagai hadiah ucapan selamat datang karena telah mengunjungi blog ini.

Selama kurang lebih dari 3 tahun saya mendalami manajemen keuangan dari berbagai sumber. Baik buku, video ataupun blog-blog berkenaan dengan personal finance. Intinya hanya satu: hidup itu keras dan mahal, dan satu-satunya cara untuk bisa bertahan adalah dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Namun jangan salah faham. Ketika saya bilang "memanfaatkan waktu sebaik-baiknya" bukan berarti Anda harus terus-terusan bekerja ketika mempunyai waktu luang. Layaknya orang yang sedang dikejar setoran.

No, it's a big no!

Karena kaya, bukan tentang seberapa banyak uang yang Anda hasilkan. Melainkan tentang seberapa baik Anda bisa menyimpan dan mengatur keuangan Anda.

Dan itulah 2 hal yang akan Anda dapatkan dari artikel dan blog ini. Bagaimana Anda bisa menyimpan dan mengatur keuangan Anda dengan baik.

Lantas, apa yang akan terjadi jika Anda bisa mengatur keuangan Anda dengan baik? Spending much less money than you bring in is the way to get rich. The ONLY way!


Kaya Raya : From Zero to Hero Hanya Dari 1 Artikel Blog
Working years vs. Savings Rate - networthify.com
Jika Anda bisa menabung 50% dari gaji Anda setiap bulan mulai dari umur 20 tahun, maka Anda akan punya cukup uang untuk resign pada umur 37 tahun.
- Nerslicious -
Kesalahan yang saya lakukan, saya berfokus untuk menghasilkan banyak uang dengan passive income, lalu resign. Dan itu adalah kesalahan fatal!

Percayalah, saya tidak ingin Anda mengulang kesalahan yang sama seperti yang telah saya lakukan. Apalagi sampai terjebak dalam gaya hidup Hedonic Treadmill. And that's why saya membuat blog ini.

Pertanyaannya : Bagaimana Anda bisa menyimpan lebih banyak uang?

Intinya adalah : fokuslah dengan kebahagiaan, bukan kenyamanan. Anda bisa menciptakan kehidupan yang lebih baik dengan berfokus pada kebahagiaan dibanding dengan berfokus pada kenyamanan dan hidup bermewah-mewahan.

Karena percayalah, smartphone yang wah, mobil mewah, makan direstoran kekinian, ataupun ongkrong di kafe-kafe bukanlah sumber kebahagiaan. Sekalipun Anda menemukan kenyamanan dalam pencitraan yang Anda lakukan.

Terlepas dari bagaimana iklan, influencer atau siapapun idola Anda dengan segudang kemewahan yang dimilikinya, fakta bahwa kemewahan bukanlah sumber kebahagiaan adalah hal yang tidak dapat disangkal.

Dan ini adalah perspektif yang ingin saya tularkan kepada Anda. Ketika Anda memilikinya, maka Anda akan menjadi pribadi yang luar biasa.

Terdengar sangat idealis dan filosofis ya? Hehe

Tapi percayalah, dengan perspektif seperti itu Anda akan lebih dari cukup untuk mampu menyimpan setengah dari gaji Anda setiap bulannya!

Penasaran? Mulailah dengan bayar lunas hutang apapun yang Anda miliki dan jadikan prioritas sampai tuntas, jika Anda memiliki hutang. Tinggalah dekat dengan tempat kerja. Jangan mengambil kredit untuk beli kendaraan atau barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Bersepeda ke kantor jika memungkinkan. Berhenti berlangganan layanan TV. Jual gadget mahal yang tidak terlalu Anda butuhkan. Terakhir, optimislah!

That's it! Sekitar 50% dari pengeluaran Anda setiap bulan telah hilang hanya dalam satu paragraf. I did it, so you can do it.

Pertanyaan selanjutnya: Apa yang harus saya lakukan dengan uang tersebut?

Investasi. Investasikan uang Anda sebelum dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak menghasilkan.

Dengan investasi, uang Anda bahkan tidak akan tersentuh dan segala kebutuhan Anda akan tercukupi dengan hasil investasi tersebut. Buatlah uang tersebut bekerja untuk Anda!

Jika Anda bisa menghemat 25 kali dari pengeluaran tahunan Anda dan uang tersebut bekerja untuk Anda, jumlah tersebut akan lebih dari cukup untuk Anda hidup, selamanya.

Intinya, mulailah berhemat dari sekarang, dan saksikan bagaimana hal tersebut akan mampu merubah hidup dan kehidupan Anda lebih bahagia dan sejahtera.

Blog ini bukanlah blog murahan tentang manajemen keuangan atau tips-tips keuangan yang sudah banyak tersebar diluaran sana. This blog is about lifestyle and attitude transformation.

Dan percaya atau tidak, sikap Anda menentukan kekayaan Anda. Sekali lagi :
Kaya itu karakter. Kalau hanya tampilan doang itu bukan kaya. Tapi banyak gaya.

So, saya ucapkan selamat datang. I'm so glad you're here, and let's get started. For the long-time readers - let's keep going!

4 Komentar untuk "Kaya Raya : From Zero to Hero Hanya Dari 1 Artikel Blog"

  1. sepertinya saya jadi yang pertama komen mas? hehe.. salam kenal. benar sih, saving rate itu dinaikkan, or investing ratenya yang dinaikkan, makin banyak makin bagus, lebih cepat bisa resign, salah satu tujuan saya itu. harapannya sebelum 40 tahun saya bisa pensiun diini

    BalasHapus
  2. sederhana pak mimpi saya, yaitu bisa kerja dari rumah yar pun kayak kuda saya mau melakukannya hehehehe

    BalasHapus
  3. teringat dulu saya saat masih kerja di bank dinyinyirin sama temen karena bisa dibilang awet sama satu gadget. kalaupun iya ada yg lain ya laptop itupun gak ganti2. gaya pakaian gitu aja. tp pada kaget saat ketahuan berapa saldo tabungan saya. lebih banyak dari mereka. malah mereka menyarankan kenapa saya nggak "jajan" gadget, tas branded, jalan2 yang wah. saya gak bisa dan akhirnya resign karena gak kuat kalau terusan diintipin berapa saldonya (karena ada aplikasi yg bisa dipakai untuk melihat saldo tabungan)

    BalasHapus