Flek Hitam : Ciri-ciri, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Flek Hitam : Ciri-ciri, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Flek hitam seringkali menjadi masalah yang cukup mengesalkan disamping jerawat yang membandel. Apalagi jika sudah beberapa cara dilakukan tetapi flek hitam masih saja membandel.

Sebenarnya, flek hitam dapat dengan mudah disingkirkan jika Anda mengetahui ciri, penyebab dan pengobatan yang tepat dan cocok untuk Anda disamping tentunya beberapa tips pencegahan agar flek hitam tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Kabar baiknya adalah, semua itu akan dibahas disini. Dimulai dari apa sih flek hitam itu sebenarnya? Kok bisa muncul flek hitam? Apa bedanya dengan freckles dan melasma? Bagaimana ciri-cirinya? Bagaimana cara mengobati dan menghilangkan flek hitam? Serta bagaimana pencegehannya? Semuanya akan dibahas.


Namun sebelum dibahas, silahkan bagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda agar mereka juga mengetahui cara menghilangkan flek hitam yang membandel tersebut.

Apa itu flek hitam wajah?


Flek hitam (ephelis) adalah bercak, bintik atau noda berwarna kegelapan yang disebabkan oleh pigmentasi kulit yang berlebihan. Pigmentasi berarti terjadinya perubahan warna kulit seseorang yang disebabkan oleh adanya penyakit atau perlukaan yang bisa menimbulkan perubahan warna yang lebih gelap (hyperpigmentation) atau lebih terang (hypopigmentation).

Pigmentasi kulit sendiri terbentuk sebagai akibat dari peningkatan atau penurunan melanin atau pigmen alami kulit yang diproduksi oleh sel yang dikenal sebagai melanosit.

Melanin yang diproduksi oleh melanosit merupakan pigmen (sebuah zat pewarna alami kulit) gelap yang bertanggung jawab untuk warna rambut dan kulit. Pewarnaan rambut dan kulit ini tidak ditentukan oleh seberapa banyak melanosit seseorang, tetapi dari seberapa aktif sel-sel tersebut bekerja.

Semisal, pada kondisi albinisme, sel-sel ini tetap hadir namun aktifitas mereka terhambat dan tidak menghasilkan pigmen.

Back to Daftar Isi ↑


Penyebab Flek Hitam


Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa flek hitam muncul sebagai akibat dari terjadinya gangguan pigmentasi kulit yang berlebihan. Gangguan pigmentasi tersebut, termasuk salah satunya pigmentasi yang berlebihan dapat mempengaruhi cara melanosit bekerja, salah satunya dapat menyebabkan munculnya flek hitam.

Gangguan pigmentasi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.Namun jika dikembalikan ke keadaan normal, melanosit memproduksi melanin sebagai respons terhadap isyarat lingkungan, termasuk diantaranya paparan radiasi ultraviolet dan bahan kimia tertentu seperti amiodarone, chloroquine ataupun quinacrine.

Sehingga gangguan pigmentasi juga dapat muncul dikarenakan kurangnya atau berlebihnya isyarat lingkungan tersebut. Semisal berlebihnya paparan radiasi ultraviolet atau paparan bahan kimia.

Namun untuk kasus flek hitam atau yang dalam dunia medis dikenal dengan nama ephelis, disebabkan oleh pigmentasi yang berlebihan atau yang disebut dengan hyperpigmentation.

Beberapa penyebab umum munculnya flek hitam di wajah diantaranya :

1. Ketidakseimbangan hormon

Stres, kurangnya konsumsi lemak, konsumsi kedelai berlebih, merokok, konsumsi kafein berlebih dan alkohol dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Atau jika Anda seorang wanita yang sedang dalam masa kehamilan atau haid, ketidakseimbangan hormon seringkali terjadi.

2. Paparan sinar matahari yang berlebih

Ketika wajah terpapar sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah, maka secara otomatis melanosit akan terpicu untuk memproduksi lebih banyak melanin dikarenakan adanya rangsang sinar matahari.

Oleh karena itu, sebaiknya lindungi wajah Anda agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung ketika berada di luar ruangan. Anda bisa menggunakan tabir surya dengan perlindungan UVA dan UVB dengan minimal SPF-15, lebih baik jika menggunakan SPF 30 - 50 khususnya bagi yang memiliki kulit putih.

Selain itu, minum air putih adekuat dan rajin minum teh juga dapat meminimalisir terjadinya hiperpigmentasi dikarenakan hidrasi kulit yang bagus dari air putih dan antioksidan dari teh dapat melindungi wajah dari hiperpigmentasi.

3. Bertambahnya usia

Bertambahnya usia juga merupakan penyebab umum terjadinya hiperpigmentasi dikarenakan seiring bertambahnya usia, manusia mengalami degenerasi hampir di seluruh bagian tubuh, termasuk kulit yang mana tidak bisa lagi memproduksi sel-sel kulit baru seperti ketika masih muda.

4. Bekas jerawat

Bekas jerawat yang membandel seringkali menjadi pemicu munculnya flek hitam d wajah.

Gunakan essential oil seperti grapeseed oil atau tea tree oil yang dapat meenghidrasi kulit serta membersihkan pori-pori dan mempercepat proses penyembuhan jerawat sehingga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan meminimalisir terjadinya flek hitam.

Back to Daftar Isi ↑


Ciri- ciri flek hitam pada wajah


Flek hitam seringkali disamakan dengan freckles ataupun melasma. Padahal, ketiganya sama sekali berbeda. Flek hitam pada umumnya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Berwarna kecoklatan/kehitaman. Biasanya sebelum muncul akan berwarna kecoklatan terlebih dahulu sebelum kemudian berubahmenjadi hitam.
  2. Bentuknya bintik atau bercak dengan ukuran simetris.
  3. Terdapat disekitar pipi, dekat hidung atau dibawah mata.
  4. Jumlahnya cukup banyak karena bentuknya bintik-bintik kecil/bercak.

Baik flek hitam, freckles ataupun melasma, ketiganya kerap kali disebut sebagai 'kelainan' bawaan genetik, namun faktanya ketiga macam diskolorasi kulit ini sama-sama diakibatkan oleh sel pigmen yang terlalu over-aktif dalam kulit yang dipicu oleh isyarat lingkungan.

Semisal, freckles dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih saat usia dini. Sedangkan kemunculan flek hitam bisa muncul karena dipicu oleh paparan sinar matahari berlebih sehingga muncul bintik-bintik hitam. Untuk melasma, biasanya dipicu oleh hal yang lebih kompleks seperti paparan sinar matahari, perubahan hormonal, inflamasi kulit, gangguan tiroid dan juga bisa muncul akibat stres.

Lantas apa bedanya?

Freckles biasanya terbentuk saat usia masih relatif muda berkisar antara 6-8 tahun. Bintik-bintik bulat kecil hitam atau coklat biasanya muncul menyebar dan umumnya terlihat di area pipi, hidung, leher pundak dan tangan.

Berbeda dengan freckles, flek hitam mempunyai bintik yang lebih kecil dan cenderung tersebar dengan area penyebaran yang lebih luas dalam bentuk berkelompok dengan kombinasi warna yang berbeda-beda (biasanya coklat dan hitam).

Sedangkan melasma, umumnya berbentuk lebih luas berupa bercak-bercak tak beraturan yang pada umumnya menyerang mereka yang berusia lebih matang.

Back to Daftar Isi ↑


Pengobatan Flek Hitam


Walaupun sebagian besar flek hitam dapat memudar dengan sendirinya, namun ada beberapa pengobatan yang biasanya disarankan untuk mengobatinya seperti :

1. Menggunakan krim pemutih

Dapat dibeli secara bebas. Namun untuk krim yang mengandung hydroquinone memerlukan resep dokter. Efek samping yang biasanya dirasakan berupa peradangan kulit, kulit menjadi kering, perubahan warna dan terkelupas.

2. Menggunakan krim retinoid

Retinoid merupakan jenis lain dari Vitamin A yang dapat mempercepat regenerasi sel kulit. Dapat digunakan bersamaan dengan krim pemutih. Contohnya tretinoin dan tazarotene. Efek samping yang mungkin terjadi biasanya kulit kemerahan, kering, iritasi, sensitifitas dan terkelupasnya kulit.

3. Terapi laser

Dengan menggunakan gelombang cahaya yang ditujukan ke kulit yang bermasalah, terapi ini mampu memudarkan flek hitam sampai 50% menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam NCBI.

4. Peeling

Peeling merupakan terapi menggunakan cairan kimia yang mengandung asam glikolat (GA) atau asam trikloroasetat (TCA) yang mempunyai fungsi mengangkat sel kulit yang rusak sekaligus memicu regenerasi. Efek samping yang mungkin terjadi seperti kulit terasa perih dan memerah, iritasi, pembengkakan dan pengelupasan.

Untuk hasil lebih optimal disarankan untuk mengkonsumsi vitamin E dan menggunakan sunscreen jika keluar rumah setelah menggunakan terapi peeling.

5. Cryosurgery

Berbeda dengan peeling, cryosurgery menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah untuk membekukan dan membunuh sel kulit yang bermasalah. Beberapa resiko yang mungkin terjadi adalah pelepuhan, hipopigmentasi dan perdarahan.

Back to Daftar Isi ↑


Pencegahan Flek Hitam


Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya flek hitam sedini mungkin.

1. Hindari memencet jerawat

Hal yang paling sering terjadi dan merupakan salah satu kesalahan yang mempunyai andil besar dalam terjadinya flek hitam adalah memencet jerawat. Lebih baik, gunakan jemari Anda untuk mengoleskan krim hydrocortisone 3 -4 kali dalam sehari. Hydrocortisone berfungsi untuk meredakan kemerahan dan bengkak serta mempunyai struktur yang lebih lembut untuk kulit dibanding salicylic acid atau benzoyl peroxide.

2. Rajin melakukan nightcare

Kenapa harus nightcare? Karena saat malam adalah saat dimana kulit beregenerasi dan mempunyai kadar oksigen yang bagus. Gunakan produk perawatan seperti niacinamide yang tidak hanya membantu menyenyahkan jerawat tetapi juga membantu mencerahkan kulit.

3. Gunakan tabir surya dengan SPF

Menggunakan tabir surya setiap hari khususnya ketika keluar rumah juga merupakan salah satu bentuk pencegahan dini flek hitam. Gunakan minimal SPF 15 untuk kulit sawo matang dan SPF 30 - 50 untuk yang memiliki kulit putih.

4. Hindari aktifitas luar ruangan jam 10 pagi - 4 sore

Jam 10 pagi sampai pukul 4 sore merupakan jam-jam dimana paparan sinar UV masih sangat tinggi. Karenanya, sebisa mungkin untuk meminimalisir aktifitas outdoor pada jam-jam tersebut. Adapaun jika terpaksa, maka gunakanlah tabir surya atau lakukan tips no 5 dibawah ini.

5. Gunakan pelindung

Pelindung seperti topi dan kerudung, pakaian lengan panjang dan penutup lainnya akan sangat bermanfaat untuk meredam paparan sinar UV dan juga sebuah pencegahan yang murah meriah agar flek hitam tidak terjadi.

Back to Daftar Isi ↑


Referensi:


Hint
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22372516 [A Retrospective Analysis of the Management of Freckles and Lentigines using Four Different Pigments Lasers on Asian Skin. Journal of Cosmetic and Laser Therapy]

https://www.popbela.com/beauty/skin/jennifer-a-tanjung/penyebab-noda-hitam-pada-wajah/full

https://perfectbeauty.id/beautytalk/penyebab-ciri-flek-hitam-di-wajah-dan-solusinya/

https://www.hipwee.com/tips/sering-bikin-bingung-ini-lho-bedanya-freckles-flek-hitam-dan-melasma-jangan-salah-lagi-ya-bedainnya/

https://www.idntimes.com/health/fitness/ribka-eleazar/penyebab-ketidakseimbangan-hormon/full

https://www.liputan6.com/health/read/3378722/5-bahan-alami-ini-ampuh-usir-bekas-jerawat-membandel

https://www.alodokter.com/flek-hitam

Nugraha Fauzi
Indonesian Registered Nurse, Part Time Blogger, Full Time Writer, also a Budget Traveller.

Related Posts

4 komentar

  1. Kalau saya mungkin disebabkan oleh faktor bertambahnya usia. Dan saya juga mulai ada flek hitam diwajah saya.

    BalasHapus
  2. Waduh salah pake SPF ini mah, mestinya 15 malah pake yang 30. Ok. Noted.

    Terimakasih sudah share.

    BalasHapus
  3. terima kasih artikelnya sob, saya jadi lebih tahu :)

    BalasHapus
  4. pernah laser, buat ngilangin bekas jerawat, tapi ya tetep btuuh proses lama, hhh

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter