QRS Kompleks EKG 12-Lead

QRS Kompleks EKG 12-Lead

QRS Kompleks EKG 12-Lead

Belajar EKG Dasar

QRS Kompleks adalah kombinasi dari gelombang Q, gelombang R dan gelombang S. QRS Kompleks menunjukan depolarisasi ventrikel.

Istilah QRS Kompleks ini cukup membingungkan, terutama untuk mereka yang baru belajar EKG karena tidak semua lead dalam EKG mengandung ketiga gelombang ini.

Sebagai contoh ...

QRS Kompleks normal pada lead V1 tidak mengandung gelombang Q - hanya mengandung gelombang R dan gelombang S - namun tetap saja kombinasi dari gelombang R dan gelombang S tersebut masih disebut sebagai QRS Kompleks.

Gelombang EKG

Durasi normal (interval) ari QRS Kompleks adalah antara 0,08 dan 0,10 detik - 80 dan 100 milidetik .

Ketika durasi antara 0,10 dan 0,12 detik,  disebut intermediate atau prolonge  QRS Kompleks (QRS Kompleks Memanjang).

Durasi QRS yang lebih besar dari 0,12 detik dianggap tidak normal.

Durasi QRS akan memanjang ketika aktivitas listrik membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perjalanan ke seluruh miokardium ventrikel.

Sistem konduksi normal dalam ventrikel disebut sistem His-Purkinje dan terdiri dari sel-sel yang dapat menghantarkan listrik cukup cepat.

Dengan demikian, konduksi normal dari impuls listrik melalui AV node kemudian ke ventrikel melalui sistem His-Purkinje haruslah cepat sehingga menghasilkan durasi QRS yang normal.

Ketika aktivitas listrik tidak melalui sistem His-Purkinje, tetapi melalui myocyte ke myocyte, waktu perjalanan yang diperlukan akan lebih lama sehingga durasi QRS akan lebih lama atau memanjang.

Durasi QRS yang memanjang terjadi dalam ventrikular aritmia seperti ventrikular takikardia dan non-specific intraventricular conduction delay. Semuanya akan dibahas dalam artikel Ulasan dan Kriteria EKG.

Materi Belajar EKG Dasar :
  1. Pengenalan EKG
  2. Pendekatan Interpretasi EKG
  3. Gelombang P
  4. QRS Kompleks
  5. Gelombang T
  6. QT Interval
  7. PR Segmen
  8. ST Segmen
  9. TP Segmen
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Advertiser