EKG : Pengenalan, Bagian-Bagian dan Normal EKG

advertise here
Belajar EKG Dasar

EKG (Elektrokardiogram) adalah gambaran konduksi listrik jantung. Dengan memeriksa perubahan dari normal EKG, dokter dapat mengidentifikasi banyak proses penyakit jantung.

Ada dua cara untuk mempelajari interpretasi EKG - pengenalan pola (paling umum) dan memahami vektor listrik yang tepat yang direkam oleh EKG karena vektor listrik berhubungan dengan elektrofisiologi jantung - dan kebanyakan orang belajar kombinasi dari keduanya.

Tutorial ini menggabungkan pendekatan keduanya, karena mendasarkan interpretasi EKG pada pengenalan pola saja seringkali membingungkan dan tidak akan cukup.

Bagian-Bagian EKG


EKG standar memiliki 12 lead. Enam lead disebut "limb lead" karena ditempatkan di lengan dan / atau kaki individu. Enam lead lainnya disebut "prekordial lead" karena ditempatkan pada tubuh (prekordium) individu.

ke enam limb lead disebut lead I, II, III, aVL, aVR dan aVF. Huruf "a" adalah singkatan dari "augmented" dan merupakan kombinasi dari lead I, II dan III.

Enam prekordial lead disebut V1, V2, V3, V4, V5 dan V6.

Normal EKG


EKG normal harus mempunyai gelombang, interval, segmen dan satu kompleks. Semuanya dijelaskan dibawah ini.

Gelombang : Defleksi positif atau negatif dari garis dasar menunjukan peristiwa listrik tertentu. Gelombang pada EKG diantaranya gelombang P, gelombang Q, gelombang R, gelombang S, gelombang T dan gelombang U.

Interval : Waktu antara dua peristiwa EKG yang spesifik. Interval yang biasanya diukur pada EKG adalah interval PR, interval QRS (disebut juga durasi QRS), interval QT dan interval RR.

Segmen : Panjang antara dua titik spesifik pada EKG yang seharusnya berada pada amplitudo garis dasar (tidak negatif atau positif). Segmen pada EKG adalah PR segmen, ST segmen dan TP segmen.

Kompleks : Kombinasi beberapa gelombang yang dikelompokan bersama. Satu-satunya kompleks pada EKG adalah QRS Kompleks.

Poin : Hanya ada satu poin dalam EKG yang disebut Poin J atau titik J yang merupakan titik dimana QRS Kompleks berakhir dan ST segmen dimulai.

Bagian utama dari EKG mengandung gelombang P, QRS Kompleks dan gelombang T. Masing-masing akan dijelaskan secara individual dalam tutorial ini.

Gelombang P menunjukan depolarisasi atrium. QRS Kompleks yang terdiri dari gelombang Q, gelombang R dan gelombang S mewakili depolarisasi ventrikel. Gelombang T yang muncul setelah QRS Kompleks menunjukan repolarisasi ventrikel.

P.S. : Karena tutorial ini akan sangat banyak dan panjang, serta diposting berkelanjutan, saran saya, silahkan bookmark halaman ini atau join di WhatsApp grup Jago Nursing untuk mendapatkan notifikasi tutorial terbarunya.

P.P.S. : Untuk join grup WhatsApp Jago Nursing batch 3 kunjungi : bit.ly/jagonursing3

P.P.P.S. : Hanya untuk 257 anggota pertama. Kalau sudah penuh, saya tidak akan buka batch lagi. Join sekarang atau bakalan nyesel nanti belakangan ^-^

P.P.P.P.S. : Dengan join Grup WhatsApp Jago Nursing, Anda bersedia untuk "mengosongkan" gelas dan menerima notifikasi tutorial dan materi-materi keperawatan serta bersedia untuk "dijualin" oleh saya (Nugraha Fauzi).

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Click to comment