Ini 6 Keistimewaan Seorang Perawat yang Tidak Dimiliki Profesi Lain [ Infografik ]

advertise here
Berbeda dengan profesi kesehatan yang lainnya, seorang perawat haruslah selalu berada di dekat pasien. 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Karenanya, banyak hal yang pasti akan selalu dialami oleh seorang perawat. Entah itu perubahan kondisi pasien, keadaan darurat, bahkan sampai detik terakhir saat-saat menjelang kematian, perawat harus selalu bersama pasien.

Berbagai kejadian, berbagai respons, perlakuan dan sifat pasien setiap hari diterima oleh seorang perawat. Dan mau tidak mau, sebagai seorang perawat haruslah mampu memberikan segala daya upaya maksimal dalam melakukan perawatan terhadap pasien dalam kondisi dan situasi apapun.

Pada akhirnya, semua kejadian tersebut membentuk sebuah pribadi yang multitalent, peka dan tahan banting. Itulah perawat.

Dan berikut adalah 6 keistimewaan seorang perawat yang tidak dimiliki oleh profesi lain, lahir dari panggilan hati dan besar karena mengabdi :

Keistimewaan Perawat


  1. Intelligence : Setelah 3 sampai 4 tahun ditempa pendidikan keperawatan, seorang perawat dididik untuk mampu memahami dan mengingat setiap detil keadaan pasien yang berada dalam perawatannya secara holistil, termasuk riwayat kesehatannya.
  2. Communication : Mendengarkan keluh kesah pasien, memberika informasi kesehatan yang akurat, bekerja dan berkolaborasi dengan rekan sejawat dan dokter, serta mengkaji keadaan pasien, adalah beberapa alasan kenapa seorang perawat pasti mempunyai kemampuan komunikasi yang mumpuni.
  3. Emotional Awareness : Seorang perawat harus mempunyai rasa empati yang luar biasa sehingga mampu mengerti dengan baik keadaan dan kebutuhan pasien/
  4. Patience : Selama bertugas, seorang perawat berurusan dengan berbagai karakter dan sifat pasien yang tentu berbeda-beda. Sehingga kemampuan beradaptasi secara efektif dan efisien sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang perawat.
  5. Physical Endurance : Karena keadaan tertentu, seorang perawat harus berdiri berjam-jam lamanya, mengangkat beban yang berat dan seringkali karena keadaan darurat seorang perawat harus rela mengesampingkan kebutuhan pribadinya seperti makan dan istirahat demi menolong pasien terlebih dahulu.
  6. Groundedness : Namun, walau apapun yang terjadi, seorang perawat takkan pernah mau menukarkan kehidupan perawatnya dengan apapun. Karena perawat, tidak hanya merupakan sebuah profesi, lebih dari itu, menjadi perawat adalah sebuah panggilan hati.
So, yakin? Gamau punya pasangan atau menantu seorang perawat?

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Click to comment