Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogspot Custom Domain

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogspot Custom Domain

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogspot Custom Domain

Cara Membuat Subdomain di Blogspot

Bagaimana cara membuat subdomain di blogspot yang sudah di custom domain? Bagaimana pula cara setting subdomain di blogspot?

Kedua pertanyaan tersebut beberapa waktu lalu sempat membingungkan saya. Saya berniat membuat subdomain dari domain nerslicious.com dengan nama nugrahafauzi. Jadi alamat blognya menjadi nugrahafauzi.nerslicious.com.

Namun ternyata, belum banyak blogger yang menggunakan subdomain dari domain yang di hosting di blogger. Oleh karenanya, tutorial cara membuat dan setting subdomain di blogspot masih sangat sedikit.

Setelah searching kesana kemari, trial and error, akhirnya saya berhasil membuat subdomain dari nerslicious.com dan memasangkannya di blogspot. Teman-teman bisa melihat hasilnya dengan mengunjungi link dibawah ini ;

Tentang Nugraha Fauzi

Membuat Subdomain di Blogspot Custom Domain


Untuk membuat subdomain dari domain TLD yang teman-teman gunakan sekarang, caranya cukup mudah. Sebelum teman-teman membuat subdomainnya, silahkan persiapkan blog baru di blogger. Lalu klik Tambahkan domain khusus atau set-up a 3rd party URL for your blog seperti gambar dibawah ini (sama dengan ketika hendak custom domain blogspot) ;

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogspot Custom Domain

Setelah itu, masukan subdomain yang teman-teman inginkan dari domain yang ingin dibuat subdomain-nya. Contohnya nugrahafauzi.nerslicious.com, maka akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini :

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogspot Custom Domain

Simpan frasa yang muncul seperti yang ada di dalam kotak biru gambar diatas dengan cara copy-paste ke notepad seperti ini :
  1. nugrahafauzi
  2. ghs.google.com
  3. [frasa yang dibawah nugrahafauzi - saya sensor]
  4. [frasa yang dibawah ghs.google.com - saya sensor]

Setting Subdomain di Blogspot Custom Domain


Jika sudah disimpan, lalu kunjungi tempat dimana teman-teman membeli domain tersebut. Semisal, saya membeli domain nerslicious.com dari Rumahweb.
  1. Login ke situs tempat membeli domain
  2. Masuk ke menu daftar domain saya (list domain)
  3. Pilih domain yang hendak di buat subdomain
  4. Masuk ke menu DNS Management atau pengaturan DNS
Setelah masuk ke pengaturan DNS, teman-teman akan menemukan list DNS yang sudah ada, list DNS untuk custom domain harusnya sama dengan screenshot dibawah ini ;

Jika teman-teman sudah masuk ke pengaturan DNS, silahkan klik Add New Record atau kalimat yang serupa, tergantung masing-masing situs penjual domain. 

Masukan frasa yang tadi teman-teman simpan sebelumnya ;
  1. Masukan frasa no. 1 yang sudah disimpan sebelumnya dalam kolom Domain
  2. TTL 1400
  3. Record Type A
  4. Masukan frasa no. 2 dalam kolom IP or Hostname
  5. Klik Add Record atau save

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogspot Custom Domain

Lakukan hal yang sama untuk frasa no. 3 dan 4. Klik Add New Record, lalu masukan seperti gambar dibawah ini ;

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogspot Custom Domain

Note : ini tidak saya sensor (garis hitam) karena frasanya sudah saya rubah.

Jika sudah, klik Add Record atau save. Selesai. Selamat, teman-teman sudah mempunyai subdomain! Langkah selanjutnya hanya tinggal menunggu konfigurasi DNS. Biasanya memakan waktu 10 - 30 menit.

Tunggulah selama 10 menit pertama, lalu masuk lagi ke pengaturan custom domain blogger yang tadi belum di save. Jika konfigurasi DNS telah selesai, maka seharusnya pengaturan custom domain tadi sudah bisa di save dan alamat subdomain sudah bisa dikunjungi.

Note 2 : Ada beberapa provider domain yang mengharuskan teman-teman untuk melakukan konfigurasi yang lebih panjang dari yang saya jelaskan ini, seperti memasukan ke 4 IP Blogger dengan Record Type A untuk subdomain.

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogspot Custom Domain
  • 4 IP blogger yang saya maksud adalah seperti yang ada di dalam kotak merah
Nah itulah kiranya tutorial Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogspot yang sudah di Custom Domain. Hasilnya bisa lihat di nugrahafauzi.nerslicious.com. Alamat tersebut saya gunakan sebagai profile saya pribadi. Biar tampak lebih profesional saja. Hehe

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Sukses ya! Ada pertanyaan, diskusi, tutorial gagal, yuk tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Saya siap bantu. Gratis kok!

As always, thanks for reading, saya Nugraha Fauzi, stay awesome!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 komentar

Caranya hampir mirip saat memasang domain khusus. Selamat ya, saya mungkin akan menyusul juga, biar kelihatan keren dan kece.

Balas

Iya mas sama, beda dikit doang. Wuihh, semoga sukses ya, saya tunggu hehe

Balas

mantap nih bang ternyata bisa bikn subdomain juga di blogspot ya

Balas

Bisa bang, tapi harus custom domain dulu blogspotnya ...

Balas

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Advertiser