Galau Antara Blog Gado-Gado VS Blog Niche, Mana Lebih Bagus?

Galau Antara Blog Gado-Gado VS Blog Niche, Mana Lebih Bagus?

Pilih mana : blog gado-gado atau blog niche? Lalu, mana diantara kedua jenis blog tersebut yang lebih bagus?

Entah sejak kapan, yang jelas sebelum bulan puasa tiba saya mulai galau dengan pemilihan jenis blog dan artikel yang saya ingin tulis. Disatu sisi, saya ingin menonjolkan sisi profesional saya sebagai seorang perawat dengan menulis artikel-artikel bertema kesehatan dan keperawatan. Namun disisi lain, sebagai seorang blogger saya juga ingin meng-eksplor lebih banyak dan lebih luas.

Pernah suatu ketika, saya membuat blog baru, domain sudah beli, platform masih menggunakan blogger. Niatnya, blog ini (Nerslicious.com) akan fokus di artikel keperawatan, dan blog baru tersebut akan saya jadikan blog gado-gado dengan beragam jenis artikel.

Namun, akhirnya terbengkalai karena satu dan lain hal.

Susah memang. Jika ditanya mana yang lebih bagus, karena baik blog gado-gado ataupun blog niche sama-sama bagus. Yang ada adalah kelebihan dan kekurangan yang satu dan yang lainnya.

Saya sempat searching sana sini, baik artikel lokal maupun internasional. Mencari referensi mengenai blog gado-gado dan blog niche. Kebanyakan kesimpulan akhirnya sama : keduanya sama bagus, hanya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki satu sama lainnya.

Karenanya, saya membuat artikel ini. Selain itu mengatasi kegalauan saya dalam memilih jenis blog, juga agar teman-teman yang mempunyai kegalauan yang sama dengan saya bisa segera memutuskan jenis blog yang akan teman-teman pilih.

Kelebihan Blog Gado-Gado dan Blog Niche


1. Kelebihan Blog Gado-Gado


Salah satu kelebihan blog gado-gado yang paling menonjol adalah banyaknya ide artikel dan variasi artikel yang bisa dibuat. Topik luas, bisa berbagai macam. Sehingga jarang sekali terjadi yang namanya writing block.

Selain itu, beberapa kelebihan blog gado-gado yang tidak dimiliki oleh blog niche diantaranya adalah ;
  • Mudah mendapatkan pengunjung : Karena topik yang dibahas banyak dan beragam, sehingga pengunjung akan datang dari berbagai jenis dan latar belakang yang beragam pula.
  • Mudah mendapatkan posisi page one Google dengan beragam jenis topik dan tema artikel
  • Mudah mendapatkan inspirasi dan ide untuk menulis

2. Kelebihan Blog Niche


Yang menonjol dari kelebihan blog niche adalah tingkat authority dan loyality yang tinggi baik dimata search engine ataupun dimata pengunjung. Maksudnya, blog niche lebih mudah membangun brand dan lebih mudah menjaring visitor yang loyal karena pembaca artikelnya sudah pasti mempunyai persamaan latar belakang baik itu berupa persamaan hobi, pekerjaan, minat ataupun bakat.

Semisal, jika blog saya (Nerslicious.com) adalah blog niche keperawatan, maka sudah pasti kebanyakan pembaca blog saya adalah : Perawat, mahasiswa keperawatan, atau orang yang mempunyai cita-cita menjadi perawat.

Selain itu, beberapa kelebihan blog niche yang tidak dimiliki oleh blog gado-gado diantaranya adalah ;
  • Brand building lebih mudah
  • Trust dimata search engine dan pengunjung lebih tinggi
  • Mudah page one untuk topik spesifik karena authority dan cakupan keyword density yang dalam (karena satu topik)

Kekurangan Blog Gado-Gado dan Blog Niche


Untuk kekurangan keduanya, saya rasa hanya kebalikannya saja. Kekurangan blog gado-gado adalah tidak mempunyai kelebihan yang dimiliki oleh blog niche, pun sebaliknya kekurangan blog niche adalah tidak mempunyai kelebihan yang dimiliki oleh blog gado-gado.

1. Kekurangan Blog Gado-Gado

  • Brand building lebih sulit ketimbang blog niche
  • Trust dimata search engine dan pengunjung lebih rendah
  • Sulit page one untuk topik spesifik karena authority dan cakupan keyword density yang rendah (karena banyak topik), apalagi jika kompetitor yang ada adalah blog niche dengan DA PA yang sudah gemuk.

2. Kekurangan Blog Niche

  • Lebih sulit mendapatkan pengunjung : karena topik yang dibahas spesifik, maka pengunjung juga pasti merupakan pengunjung spesifik. Beda dengan blog gado-gado yang mempunyai pengunjung dengan beragam jenis dan latar belakang yang berbeda-beda
  • Lebih sulit mendapatkan inspirasi dan ide untuk menulis, apalagi jika topik yang diangkat terlalu spesifik.

Nah kiranya itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari blog gado-gado dan blog niche. Namun terlepas dari semua itu, sebenarnya semuanya kembali kepada diri kita masing-masing. Apa tujuan teman-teman ngeblog? Itulah pertanyaan mendasar yang harus dijawab sebelum menginjak dalam pemilihan jenis blog yang akan dibuat.

Jika tujuan teman-teman ngeblog untuk personal branding, blog niche akan lebih cocok. Namun jika tujuannya adalah sharing, blog gado-gado mungkin akan cocok untuk teman-teman.

Banyak tujuan-tujuan lain yang mungkin akan teman-teman temukan jawabannya sendiri. So, apa tujuan teman-teman ngeblog? Beritahu saya di kolom komentar ya!

As always, thanks for reading, saya Nugraha Fauzi, stay awesome!

11 komentar

niche lebih baik menurutku meskipun agak lama

Yapst, untuk branding dan authority juga lebih mudah ...

Saya pilih blog gado-gado saja. Sebenarnya mau pakai blog niche, tetapi berkali-kali buat blog niche akhirnya selalu terbengkalai, hehehee.

Senasib sama saya mbak, hehe
Akhirnya saya pilih blog gado2 dengan topik sesuai profesi hobi dan passion saya ...

Keduanya sama bagus menurutku.
Dan juga punya kelebihan kekurangan.
Untuk blog niche, penulis seperti dituntut lebih kreatif dalam menyampaikan ke pembaca agar variatif dan berbeda di tiap artikel.

Itulah tantangannya mas, apalagi jika niche yg dipilih kurang dikuasai, pasti sulit mendapatkan ide artikel ....

Saya juga pernah ngalamin hal ini, dan sempet juga mau bikin yg khusus tp ya..itu khawatir terbengkalai

wah ternyata banyak yang pernah ngalamin ya, hehe
sekarang, saya yang penting nulis aja dulu, seiring waktu berjalan ntar juga ketemu sendiri nyamannya dimana ... jadilah blog saya seperti sekarang ini, isinya campuran hehe tapi semoga bermanfaat aja, sekecil apapun itu ....

Masing-masing sudah ada passion nya ya. Kalo pribadi lebih suka blog gado-gado, lebih flexible dan gak bingung milih tema artikel. Nice sharing ..

Saya blog gado-gado buat sharing bisa update sehari-hari
blog setopik buat optimasi penghasilan dari blog he,,,,

Saya bikin blog niche sangat spesifik. Efektif dipake buat promo produk.