Tips Praktis Buka Puasa yang Aman Bagi Penderita Maag

advertise here
cara buka puasa untuk penderita maag

Buka puasa tentunya merupakan saat-saat yang ditunggu-tunggu bagi mereka yang berpuasa. Ada kalanya, hampir setiap jenis makanan selalu dihidangkan saat berbuka. Dari mulai makanan takjil, aneka minuman, masakan dan cemilan, semuanya tersedia.

Namun, bagi mereka yang mempunyai penyakit maag, tentunya harus berhati-hati ketika berbuka puasa. Jangan sampai salah memilih dan memilah makanan yang nantinya dapat menyebabkan kondisi maag teman-teman semakin buruk.

Sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa berpuasa dapat menyembuhkan penyakit maag. Namun, jika salah memilih menu, bukannya sembuh justru bisa memperparah keadaan lambung.

Untuk itu, kali ini saya akan sharing mengenai Cara Berbuka Puasa yang Sehat dan Aman untuk Penderita Maag. Siapa tahu ada teman-teman disini, sanak saudara, dan rekan sejawat yang sedang menderita penyakit maag.

Karenanya, silahkan share artikel ini jika dirasa bermanfaat agar mereka yang mempunyai penyakit maag dapat menjalani ibadah puasa dengan aman dan sehat. Amiin.

Jadi, bagaimana cara berbuka puasa yang sehat dan aman untuk penderita maag?


1. Awali buka puasa dengan buah kurma atau pepaya


Kurma dianjurkan karena kandungan gulanya sedikit dan dapat membantu membiasakan lambung agar tidak bekerja terlalu keras saat buka puasa dan menghindari naiknya asam lambung. Sedangkan Pepaya, mengandung enzim papain yang terdapat dalam pepaya dapat membantu dalam proses pencernaan makanan oleh lambung.

Selain itu, pepaya juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, C,E dan K, kaya akan folat, kalium, mineral asam lemak, asam amino, dan serat makanan.

Sebuah studi oleh AC Ezike, et al, diterbitkan dalam edisi Desember 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menunjukkan bahwa ekstrak pepaya dapat membantu dalam proses pengobatan sakit maag.

2. Hindari minuman yang mengandung gula, lemak, kafein dan soda


Setelah pepaya, teman-teman bisa menikmati segelas air kelapa muda atau teh hijau dicampur satu sendok madu sebagai minumannya. Ini bagus karena air kelapa muda dapat mengurangi sakit maag.

Madu juga baik dikonsumsi karena mengandung alkali yang dapat menetralisir dan mengontrol asam lambung dengan cara membentuk garam sehingga infeksi pada lambung dan usus 12 jari bisa dihindari.

Jika tidak ada, minum air hangat atau air putih biasa bisa menjadi pilihan yang aman.

Namun ingat, minuman-minuman yang mengandung gula (kolak, es sirup), lemak (termasuk susu), kafein, soda dan berkarbonasi tidak dianjurkan karena dapat membuat kadar asam lambung meningkat.

3. Hindari makanan yang mengandung lemak trans


Hilangkan makanan yang mengandung asam lemak trans dari menu buka puasa. Selain sanggup melukai selaput lambung yang sensitif, makanan ini juga mampu meningkatkan tekanan darah tinggi, obesitas dan penyakit jantung.

Asam lemak trans bisa jumpai dalam makanan yang berbentuk kue-kue, donat, biskuit yang dipanggang, dan makanan yang diolah menggunakan margarin (sumber asam lemak trans dengan kadar yang tinggi)

4. Hindari lauk pauk yang digoreng, pedas dan berlemak


Untuk lauk pauk bagi penderita maag, hindari makanan yang mengandung banyak lemak. Pilihan terbaik yaitu tahu dan tempe. Jika ingin mengkonsumsi protein hewani, beberapa pilihan yang aman diantaranya telur rebus, telur ceplok, dan ikan.

Untuk daging, seperti dagung merah, daging unggas dan ikan dapat ditoleransi dengan baik meskipun teman-teman memiliki sakit maag. Namun perlu diingat, hindari memakan daging yang digoreng atau dibumbui pedas. Ada baiknya mengolah daging dengan cara dipanggang karena itu adalah solusi terbaik untuk penderita maag.

5. Hindari sayuran yang memicu gas dan bersantan


Untuk sayuran, beberapa pilihan yang dapat dikonsumsi adalah brokolo, wortel, dan labu. Hindari sayuran yang dapat memicu gas dalam perut seperti sawi dan kubis. Hindari juga penggunaan santan saat memasak sayur karena akan menimbulkan rasa ingin muntah dan mual bagi penderita maag.

5. Hindari makanan pedas dan gorengan


Hindari makanan pedas karena dapat memperparah kondisi lambung. Selain itu, makanan berbentuk gorengan dapat memicu terjadinya peningkatan asam lambung yang dapat memperparah keadaan maag karena proses oksidasi dan hidrogenasi yang terjadi ketika penggorengan dapat menyebabkan hilangnya lemak tidak jenuh yang baik untuk lambung, dan terjadinya peningkatan lemak trans yang dapat memperparah kondisi lambung.

6. Atur pola makan sehat untuk maag


Selain tips diatas, ada baiknya penderita maag menjaga pola makan yang sehat. Berikut 2 tips pola makan sehat untuk penderita maag ;
  1. Jangan langsung tidur setelah makan. Paling tidak berikan jarak 2 jam setelah makan baru boleh tidur. Ini akan memberikan waktu untuk lambung agar dapat mencerna dengan sempurna serta untuk membantu menghilangkan lemak berlebih sebagai akibat dari penumpukan kalori setelah makan tanpa beraktifitas.
  2. Makanlah lebih sering dalam porsi kecil, karena lambung akan lebih sanggup mentolerir makanan-makanan dalam porsi kecil, dibandingkan makanan porsi besar.

Nah itulah 7 tips praktis buka puasa yang aman dan sehat bagi penderita maag. Semoga bermanfaat dan dapat membantu menjaga tubuh tetap dalam keadaan fit ketika berpuasa walaupun sedang menderita penyakit maag.

Cepat sembuh ya! Jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, silahkan gunakan kolom komentar dibawah.

Saya Nugraha Fauzi, thanks for reading and stay awesome!

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Click to comment