Info Kesehatan Terbaru : Organ Baru Ditemukan dalam Tubuh Manusia oleh Peneliti Irlandia

advertise here
Info Kesehatan Terbaru  - Jika teman-teman saat ini mengetahui bahwa jumlah organ manusia adalah sebanyak 78 organ, maka pengetahuan mengenai hal tersebut harus segera diperbarui.

Karena baru-baru ini, para peneliti dari Irlandia mengemukakan bahwasannya mereka telah menemukan organ baru dalam tubuh manusia yang disebut Mesentery. Dan organ ini, menjadi organ ke 79 yang telah ditemukan sampai saat ini.

Adalah seorang J. Calvin Coffey, Ph.D., F.R.C.S., profesor bedah lulusan University of Limerick, dan University Hospitals Limerick, Irlandia, dan rekannya Peter O’Leary, Ph.D., yang menemukan adanya organ baru yang dinamai mesentery ini.

Info Kesehatan Terbaru : Organ Baru Ditemukan dalam Tubuh Manusia oleh Peneliti Irlandia

Penemuan organ baru ini berawal dari rasa penasaran Beliau mengenai fungsi dan struktur dari Mesentery ketika melakukan operasi pembedahan di perut.

Dalam wawancaranya, Beliau mengemukakan ;

Saya adalah seorang ahli bedah utama yang seringkali melakukan operasi pada usus besar dan rektum. Saya perhatikan bahwa teknik yang kami gunakan pada usus kiri memiliki dasar anatomi yang sama dengan teknik yang kami gunakan pada usus sebelah kanan. Ketika saya melihat struktur anatomi tersebut dengan lebih teliti, saya menemukan bahwasannya baik usus kanan maupun usus kiri memiliki mesentrium yang sama.

Hal tersebut justru berbanding terbalik dengan ilmu pengetahuan medis saat ini yang mengemukakan tentang mesentery yang terpisah antara usus-usus tersebut.

Rasa ingin tahunya terusik, Coffey melakukan penelitian  dengan memeriksa temuan bedah lebih dekat dan memperhatikan bahwa - ya memang - baik daerah kanan dan kiri dari usus besar memang memiliki mesentery yang berbeda dan substantif.

Selain itu, daerah mesenterium ini bersambung dengan daerah mesenterium yang berhubungan dengan usus kecil, kolon transversum, kolon sigmoid, dan rektum. Ujar Coffey.

Oleh karenanya, hal tersebut bisa dikatakan bahwa semua mesentrium tersebut berada dalam satu kesatuan struktur yang berkelanjutan.

Ini berarti bahwa pelajaran anatomi klasik, yang berbicara tentang beberapa mesenterium terpisah, tidak benar, karena faktanya mesenterium yang berhubungan dengan usus kecil dan besar pada kenyataannya adalah satu struktur substantif. - Coffey.

Pertanyaan yang mengemuka kemudian berkaitan dengan penemuan ini adalah :

Apa fungsi dari Mesentery tersebut?


Penemuan ini hanya langkah pertama, kata Coffey.

Coffey menunjukkan bahwa sementara struktur mesentery diketahui, fungsinya tidak.

Studi lebih lanjut dapat mengarah pada pemahaman yang lebih baik dan pengobatan penyakit perut dan pencernaan.

"Sekarang kami telah menetapkan anatomi dan struktur, langkah selanjutnya adalah fungsinya," kata Coffey seperti dikutip dari ScienceAlert.

Jika Anda memahami fungsi Anda dapat mengidentifikasi fungsi abnormal, dan kemudian Anda dapat mengetahui penyakitnya. Jadikan itu semua suatu kesatuan dan Anda memiliki bidang ilmu mesenterika ... dasar untuk bidang ilmu baru.Ini relevan secara universal karena mempengaruhi kita semua. - Coffey

Sebagai seorang ahli bedah terlatih, Coffey menyadari bahwa, “Menurut pengajaran anatomi klasik, kolon kanan dan kiri tidak memiliki mesenterium yang melekat dan, jika ada mesenterium, maka ini harus dianggap anomali.”

Beberapa teks menyatakan bahwa kolon kanan dan kiri memang memiliki mesenterium vestigial atau belum sempurna, melekat tepat di belakang mereka. Jadi, apa yang kami temukan dalam pembedahan sangat berbeda dengan apa yang kami pelajari secara anatomi. - Coffey

Salah satu tanda pasti perubahan statusnya adalah bahwa mesenterium telah diterima sebagai organ dalam "Anatomi Gray," seri buku teks kedokteran yang paling terkenal di dunia.

Meskipun tidak ada seorang pun di lapangan yang tahu siapa otoritas terakhir untuk mengatakan "Ya" atau "Tidak" untuk status organ, bukti untuk reklasifikasi organ ini sekarang diterbitkan di The Lancet Gastroenterology & Hepatology.

Jadi jika pertanyaannya adalah berapa jumlah organ dalam tubuh manusia? Maka jawabannya bukan lagi 78. Tapi 79 organ.



Referensi:

2 comments

avatar

Ilmu alam memang mudah berubah2. Adanya penemuan2 baru bisa mempengaruhi pengetahuan terdahulu yg sudah dipelajari sejak lama. Seperti tata surya,yg tadinya pluto adalah salah 1 planet,sekarang sudah bukan lg. Lalu organ baru ditemukan ini, mesentery sehingga menambah jumlah organ manusia menjadi 79 :)

avatar

Salah satu hal yang sangat saya apresiasi dari sains adalah karena sains adalah hasil usaha dan upaya yang terakumulasi dalam waktu panjang. Sains berkembang karena eksperimen dan pengetahuan yang terus menerus ditambahkan, direvisi, diujiulang, dll. Walaupun tidak sempurna, tapi umat manusia terus berusaha mengembangkannya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Click to comment