Jembatan Pasifik Sumedang Tempat Nongkrong Kekinian yang Instagrammable

Jembatan Pasifik Sumedang - "Nongkrong ah!" Ujar salah satu teman saya memecah keheningan ketika kami sedang mengedit salah satu video wedding di Sabtu sore kemarin.

Memang, jika sedang on laptop, apalagi dikejar deadline pekerjaan, suasana selalu sepi karena kesibukan masing-masing. Ada yang sedang edit foto, ada yang edit videonya, atau bahkan cuman ngabisin kuota lihat trending video di youtube.

Seperti Sabtu kemarin, dari jam 12 siang sampai pukul 4 sore, kami bertiga (Saya - Widi - Rudi) terdiam dalam kesibukan masing-masing. Padahal kami bertiga berada dalam satu tempat.

Akhirnya, karena suntuk, Rudi, mengajak kami untuk pergi keluar dari kesibukan masing-masing.

"Kemana?" Tanya saya pada Rudi yang sudah terlihat out of inspsiration. "Kemana saja, yang penting bisa refresh fikiran." Jawabnya singkat sambil berdiri dan menutup laptopnya.

Melihat gelagatnya, bahaya nih kalau sampai kerjaan nggak beres karena stuck, yo wis akhirnya kami memutuskan untuk pergi ngopi disalah satu warung kopi langganan kami.

Namun ternyata waktu itu warkop sedang penuh.

Apalagi banyak generasi jaman now yang sedang sibuk mainin smartphone-nya, sambil sesekali terdengar suara "An enemy has been slain", atau "Tripple kill!" dari smartphone mereka.

Yo wis fix! Nggak bakalan kondusif. Pemain game tersebut pasti ngerti apa yang saya bicarakan.

"Jadi, kemana?" Ujar saya saat kami kebingungan memilih destinasi nongkrong sore itu.

Untuk di Sumedang, sebenarnya tempat nongkrong banyak. Tapi ya gitu-gitu aja, semuanya sama. Kalau nggak di cafe atau Alun-alun Sumedang, ya di tempat yang ada wifi + colokan listrik. 

"Pasifik yuk?" Jawab Widi yang sedari tadi diam sambil menunjukan foto dari salah satu akun Instagram @inimahsumedang.
jembatan gantung pasifik sumedang
Penampakan Jembatan Pasifik Sumedang di Malam Hari. Taken by : @guntursoekarno

Yupz! Foto diatas adalah foto terbaru dari Jembatan Pasifik Sumedang yang sudah direnovasi. Menurut kabar yang beredar, anggaran yang dihabiskan untuk merenovasi jembatan tersebut sebesar 2,8 miliar rupiah.

Tidak berlebihan memang. Mengingat hasil yang didapatkan begitu wah. Megah di siang hari dan cantik mempesona di malam hari.

Tanpa fikir panjang, kami pun langsung menuju ke jembatan tersebut.

Dulu sih tempat ini tidak terawat dengan baik. Apalagi sungai yang mengalir dibawahnya begitu kumuh berawarna coklat dengan bau yang cukup menyengat.
jembatan pasifik sumedang
Penampakan Jembatan Pasifik Sumedang sebelum renovasi. Foto by : @sumedangupdate
Dan sekarang, setelah di renovasi yang menghabiskan dana hampir sama dengan besaran biaya jalan-jalan keluar negeri ala Fredrich Yunadi, jembatan pasifik nampak indah dan menawan dengan kedua taman gantung di sisi kanan dan kiri.

Apalagi jika di malam hari.

Cahaya lampu berwarna warni, design taman gantung yang kekinian banget, ditambah suasana eksotis malam hari, sudah cukup untuk membuat otak untuk menginstruksikan tangan bergerak mengambil smartphone dan lantas selfie.
jembatan gantung pasifik sumedang malam hari
Nggak selfie nggak happy! Foto by : SumedangOnline.com
Seperti kata Pak Sujatmoko, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sumedang;

"Nanti yang kecil kecil, seperti jembatan akan ada sentuhan art-nya yang lebih baik. Kenapa? Karena tidak hanya berfungsi sebagai arus untuk lalu lintas, tapi juga orang untuk berswa foto dan nyaman, sebagai ikon Sumedang."

Wah mantap deh! Nggak perlu ke Bandung untuk mencari spot instagrammable.
jembatan gantung pasifik sumedang siang hari
Taman gantung Jembatan Pasifik Sumedang di siang hari. Taken by : Asep Ao
 
Jadilah sore itu kami menghabiskan waktu untuk stay di jembatan tersebut sambi ngopi dan ngobrol kesana kemari.

Namun satu hal yang disayangkan adalah masih banyaknya warga masyarakat yang kurang sadar lingkungan. Seperti membuang sampah langsung ke sungai dibawah jembatan, atau bahkan membuang puntung rokok dan gelas plastik bekas minuman di sekitar taman gantung jembatan.
jembatan pasifik sumedang
Pesona taman gantung jembatan pasifik di malam hari. Taken by : @vidarjatnika

Padahal disana sudah tersedia tempat sampah yang lumayan besar untuk digunakan. Sehingga walaupun nggak terlalu banyak, tapi tetap saja mengganggu pemandangan.

But anyway, nongkrong disini yang kurang cuman satu : belum ada fasilitas wifi! Maklum, kids jaman now butuhnya kan Harta - Tahta - dan Kuota! Hehe

Tapi untuk sekedar melepas penat, memanjakan mata, atau bahkan kehabisan stock foto untuk update instagram, worth it lah untuk datang kesini. Biar disebut kekinian.

Oh iya, buat teman-teman yang lagi disekitaran Sumedang, jangan lupa mampir disini ya! Dari Alun-alun Sumedang paling hanya sekitar 10 menit ke arah selatan, tepatnya di Jl. Mayor Abdurahman, Kotakulon, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. #promosi


Yuk ah ke Sumedang!
Advertisement

63 comments

avatar

Keliatan banget perubahannya,cocok banget buat nongkrong di makam hari dan pamer di instagram 😂😂

avatar

Keren banget deh jembatannya.
Wajar ama biaya renovasinya yang sebesar itu

avatar

Sungguh luar biasa perubahannya, tampak indah sekali. Jadi penasaran ingin nongkong disana.

avatar

Cantik banget viewnya saat malam hari.

avatar

Wah bagus juga jembatannya Mas. Sangat cocok sama kebutuhan generasi zaman now yang suka foto-foto. Dalam waktu dekat, pasti tempat ini bisa bakalan lebih ramai. Apalagi kalau kulinernya semakin lengkap. Bisa jadi salah satu ikon Sumedang nih.

avatar

Waah begini nih yang patut di contoh daerah lain
setidaknya tidak perlu mahal untuk sekedar merefresh otak sejenak
tapi ya masyarakat juga harus sadar akan kebersihan lingkungan
yang sudah ada harus di rawat,
terutama anak mudanya harus menjadi pelopor bukan jad tungkang kotor
saya belum pernah kesumedang

avatar

wehhh mantab... sekarang jembatannya udah didandanin dengan wajah baru yang super cetar. cocok jadi tongkrongan anak jaman now tuh gan, yah paling gak buat ngilangin suntuk sejenak duduk2 di situ ok juga kayaknya.

avatar

Sumedang makin kece euy. Dulu pas masih kuliah paling malas ke Sumedang karena selain jalanannya berkelok, angkotnya (angkot coklat) lama banget, dan nggak ada yang bisa dilihat di Sumedang. Sepi gitu kotanya. Tapi sekarang kayaknya banyak kemajuan ya.

avatar

Ini jembatannya kece banget, dah lama ga ke Sumedang

avatar

Ini jembatannya kece banget, dah lama ga ke Sumedang

avatar

kalau di liat dari desainya, sepertinya cacble stayed-nya (yang kayak pipa melengkung itu buat keindahan saja ya. cocok banget buat hunting photo nih

avatar

yuuhh kerennya alamak :-s

avatar

Yuk ah ke Sumedang, nanti deh kalau lowong trus ada duit hahaha.

Bagus deh, suka lihatnya. Kayaknya sekarang-sekarang tuh di seluruh Indonesia (halah) lagi perbaikan 'membaguskan' dan 'menginstagrammablekan' sudut-sudut kota. Supaya, selain masyarakat sekitarnya senang, bisa juga jadi daya tarik pengunjung dari luar daerah.

Jembatannya udah bagus, tapi sungai di bawahnya juga perlu diurus ._.
hehe, supaya gak ada sampah dan bau menyengat.

avatar

waah keren! semoga kedepannya banyak spot yg di renov di Sumedang, ya!

avatar

Waw... jauh banget ya jembatannya sebelum dan sesudah renovasi.

avatar

"menghabiskan dana hampir sama dengan besaran biaya jalan-jalan keluar negeri ala Fredrich Yunadi" hahaha ngakak bacanya mas..

btw luar biasa sekali perubahan dari jembatan biasa sekarang jadi jembatan yang punya daya tarik wisatawan untuk datang, good job buat pemerintahan setempat..

avatar

Pas direnovasi jadi keren ya malem malem gitu, bisa bisa jadi icon sumedang tuh... kece lah masyarakatnya kreatif abis

avatar

Itu Mobile Legends, ya? Saya nggak main, sih. Hm, tapi Triple kill itu saya udah tahu dari lama pas main game Dota.

Loh, sekarang Sumedang ada jembatan kece gini. Mantap! Kelihatannya banyak sekali uang yang dikeluarkan. Tapi saya nggak tahu apa-apa soal biaya pembangunan. Toh, anggaran untuk fasilitas di DPR lebih gila. :)

avatar

wuih, sumedang jadi bagus ya sekarang mah. masih suka banjir gak? hehe

avatar

Keren banget ya jembatannya, aku rasa ini instagramable banget, Mas.
Jadi inget, kapan ya terakhir nongkrong nggak jelas di jembatan gitu..haha

Dah lama banget, tapi kalau jembatannya gitu, terhiasi lampu-lampu keren sih, jadi nggak sekedar nongkrong, tapi bisa mengabadikan momen juga disitu.

Harga yang fantastis, aku rasa kalau pembuatan jembatan itu cukup wajar jikalau mahal. Karena harus dan memang butuh bahan yang kuat. Karena jembatan itu kan untuk jangka panjang. Pemandangannya bagusan malam ya, Mas.

Ke Sumedang bakal di sediain tahu nggak nih? :D

avatar

Jembatannya keren jugaa yah dari malam hari. wah saya jadi pengen banget neh berkunjung ke sana menikmati suasana yang asri

avatar

Kalau siang megah dan memesona kalau malam hari? Emang benar cantik yaa kalau dilihat dari pemandangan malam. Btw ngopi didekat jembatan itu disebelah mananya mas? Pasti tempat itu kini jadi tempat paling hits yaa di pasifik sumedang sana? Ditambah kalau ada alunan akustik-an pasti makin jadi instagrammable banget alias kelewat hittsss bangeeettt! :3

Salam kenal ya mas, mba nana abis follow blog ini nih boleh followbacknya? Matursuwunnn
willynana.blogspot.com

avatar

Pemer instagram wkwkwkwk
Yok sini yok biar bisa pamer,ta traktir tahu ntar hihi

avatar

Yoi, kirain nggak bakalan nyampe M, eh ternyata ini hampir 3M mas...

avatar

Saya traktir tahu paling joss di Sumedang ntar kalo kesini hihi

avatar

Megah di waktu siang, cantik di waktu malam

avatar

Tujuan dibangunnya jembatan memang buat jadi ikon kota mas, tinggal ditambah fasilitas wifi, wah udeh deh sempurna tuh tempat buat nongkrong ...

avatar

Harus kesini mas,ntar saya traktir tahu sumedang deh hehe

Bener banget, jangan mau nongkrongnya saja, tapi ngerawatnya males...

avatar

Kalo lagi stuck nulis, nongkrong disini sambil ngopi, liat abg-abg jaman now sekalian cuci mata, udah deh inspirasi berdatangan wkwkwkwk

avatar

Sumedang makin kece sekarang mbak. Taman endog lagi di renovasi, alun-alun tegalkalong juga lagi direnov.Pokonya lagi gencar-gencarnya bangun-renov di sumedang...

avatar

Yok sini lagi mbak, biar bisa dapet stock foto buat IG sekalian silaturahim ...

avatar

Yupz mas, itu juga buat tempat lampu-lampu kekinian..
Sini sini, kita hunting foto buat stock IG wkwkwk

avatar

wakakak, tau aja, aku pollow ya blognya :)

avatar

Jaman now kan gitu wkwkwk
Sipp, meluncur follback hihi

avatar

Bener, berarti pemerintah lagi peka sama masyarakatnya ya mbak? 😊👌

Iya, percuma soalnya jembatan bagus tapi sungai bawahnya bau bau...hihi

Sini sini, ta doain biar bisa kesini silaturahim

avatar

Sekarang lagi musim bangun dan renovasi di sumedang mbak ...

avatar

Abis 3M sih mas, pantes aja berubah total 😊

avatar

Orang mah duit segitu dipake jalan2, padahal bisa buat bagun jembatan kek gini...😂

avatar

Cocok buat tempat nongki nongki ala ala di malam hari hihi

avatar

Iya mas, nggak kondusif kalo ada yg lagi main ML. Pada teriak2 mainnya...bt hahaha

Ini baru sekelas kabupaten, provinsi pasti lebih gede lagi ya ...

avatar

Sekarang mah irigasi kota udah di perbaiki mbak, coba sini deh aman banjir kok hehe

avatar

jaman now jembatan aja bisa dijadiin tempat wisata ya..
keren. yg penting instagramable :D

avatar

Tar di traktir tahu sepuasnya mas kalo kesini 😁😎

Yupz, tinggal bagaimana masyarakat bisa menjaga aset tersebut.

Percuma juga kalo dana gede dibuat seperti itu, tapi nggak dijaga dan dirawat sama masyarakatnya ...betul?

avatar

Sini mas, sekalian silaturahim dan icip icip tahu sumedang hehe

avatar

ami jadi ngiler juga pengen foto disana x-)

avatar

Ada mbak, banyak kios2 kq lima kok disekitar jembatan...

Wah itu ma sekelas paris, tapi mantap juga kalo ada yg kek gitu ya?👌


Sipp, meluncur mbak hehe

avatar

Sing penting instagrammable, pasti hits buat nongkrong, ya kan?😊

avatar

Sini kita hunting foto buat stock ig mbak 😊😄

avatar

Wah keren sekali gan kalo di bandingkan dgn kondisi sungai yg lama..

avatar

Uang emang nggak berbohong gan hahaha

avatar

my God, hanya untuk jembatan saja habisin biaya 2.8 m?
duh..duh, cantik di malam hari :)

avatar

Beneran nih, nanti lah
kalo ada waktu dan libur pengen main kesana
ngilangin penat jakarta

avatar

Wah..udah lama ga mampir ke Sumedang. Taunya makan tahunya aja hehehe sekarang makin ramai aja ya apalagi ada jembatan bagus gitu pas di malam hari. foto2an bakalan keren tuh. Yuk, lah ke alun-alun Sumedang!

avatar

Kids zaman now tau aja tempat2 kece buat foto2 yak. Tapi klo gak ada kuota wassalam hehe

avatar

Semua ini gara-gara instagram. Semua tempat yang dulunya jelek - jadi bagus. Yang dulu keliatan biasa biasa aja - sekarang jadi istimewa. Jadi spot buat swafoto. Hah...jaman now memang, aya - aya wae.

Tapi bahaya nggak sih itu, kayaknya gampang banget kalau mau loncat ke kali-nya XD

avatar

Betul, seklaihh....

Bener lho, ah jadi pengen tahu, dah lama nggak makan tahu Sumedang..haha

Bener sih, nggak cuma jembatan, semua barang, tempat tinggal sekalipaun akan nyaman kalau kita sendiri bisa menjaganya..

avatar

terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://auliyaskincare.com/ertos-eye-bag-dark-circle-serum/

avatar

jaman ngawasin paket kerjaan jalan raya bunderan alam sari tiap malam hingga pagi selalu rehat di sekitar jembatan ini sambil makan nasi goreng, suasananya nggak ngasikkin banget, tapi sejak pasar di renov dan jembatan di percantik Sumedang jadi rada ngeunaheun...saeutik keneh tapi

avatar

ijin follow blognya duluan yeuh....

#kebiasaan

avatar

Cantik bener ya hasilnya, hehe

avatar

bagus juga, kalau ga mahal ga soal, jika bisa jadi icon kota yang mempopulerkan daerahnya

avatar

Acan mang, ke mah wah gera sumedang teh hahaha
Aihhh,eta tos di follback mang. hihi


EmoticonEmoticon