Curug Cigorobog - Eksotisme Air Terjun Bertingkat Tiga di Sumedang

Nerslicious

Selama ini, ketika mendengar nama Sumedang, hal pertama yang terlintas di fikiran adalah tahu, makanan khas Sumedang yang sekarang sudah tersebar dimana - mana. Jangankan di luar kota, di luar Pulau Jawa pun Tahu Sumedang sudah banyak yang jualan.

Atau jika bukan tahu, yang disebutkan pasti tidak jauh dari PLTA Jatigede, Tol Cisumdawu, Cadas Pangeran, Ubi Cilembu, atau Kuda Renggong.

Padahal, selain hal-hal tersebut diatas, kabupaten yang berada di sebalah utara Kabupaten Bandung ini juga mempunyai potensi wisata alam yang eksotis dan mempesona.

Selain karena sebagian besar wilayah Kabupaten Sumedang dihiasi alam pegunungan dengan iklim tropis, juga karena secara geografis letak Kabupaten Sumedang berada di wilayah yang strategis, dengan jarak ke pusat kota Bandung yang menjadi ibu kota Propinsi relatif pendek yaitu sekitar 45 Km, serta berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten bandung.

Mulai dari wisata seni budaya, wisata situs / peninggalan sejarah, wisata alam dan budaya, kuliner, dan bahkan wisata industri yang akhir-akhir ini sudah dan sedang diadakan pembangunan PLTA Jatigede dan Tol Cisumdawu.

Salah satunya yang akhir-akhir ini sedang hits dan sering dikunjungi wisatawan lokal adalah Air Terjun ( Curug ) Cigorobog. Selain karena kesejukan udaranya, eksotisme Curug Cigorobog juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang berkunjung.

Sehingga sangat disayangkan jika berkunjung ke Sumedang tidak melipir dulu ke Curug Cigorobog ini.
Nerslicious
Numpang eksis di curug eksotis. [dok pribadi]

Letak dan Jalan Menuju Curug Cigorobo


Berbeda dengan curug-curug lainnya yang notabene butuh perjuangan ekstra untuk mencapainya, Curug Cigorobog relatif mudah dijangkau dengan kendaraan.

Letaknya tidak lebih dari 12 Km dari pusat Kota Sumedang dan termasuk ke dalam area Desa Wisata Citengah, tepatnya di Jalan Pagar Betis Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang.


Namun walaupun begitu, lokasi curug ini jauh dari hingar bingar keramaian, karena sedikit tersembunyi dalam rimbunnya pepohonan tepat sebelum perkebunan teh Margawindu.

Untuk yang dari arah Bandung dan sekitarnya ;

Patokan utamanya adalah Jatinangor Town Square atau Universitas Padjadjaran, selanjutnya tinggal mengikuti peta diatas hingga sampai di Alun-alun Sumedang - Sukagalih - Curug Cigorobog.

Untuk yang dari arah Cirebon dan Sekitarnya ;

Patokan utamanya adalah Bundaran Alam Sari Sumedang, selanjutnya tinggal mengikuti peta diatas hingga sampai di Alun-alun Sumedang - Sukagalih - Curug Cigorobog.

Oh ya, ngomong-ngomong, Sukagalih adalah tempat dimana saya lahir - bertumbuh dan berkembang hingga sampai saat ini nulis postingan ini. Jadi biar nanti saya yang jadi tour guide nya jika teman-teman ada rencana buat numpang eksis di curug eksotis Curug Cigorobog. Just contact me, okay?


Tiket Masuk Curug Cigorobog


Karcis atau tiket masuk Curug Cigorobog sangatlah murah meriah, waktu kemarin saya berkunjung kesana, per orang hanya di tarif Rp. 5000 saja.
Nerslicious
Karcis masuk murah meriah Curug Cigorobog Sumedang. [ dok. pribadi ]

Dulu sih sebelum hits seperti sekarang ini, tiket masuknya sukarela dan bahkan terkadang gratis. Namun sejak 21 April 2017 berdasarkan hasil musyawarah tentang PADes (Pendapatan Asli Desa) Desa Citengah, mulailah diberlakukan karcis masuk standar yang besarannya Rp. 5000 belum termasuk parkir kendaraan.

Menurut penuturan si mamang karcis yang maksa pengen di foto sih seperti itu.
Nerslicious
Didedikasikan buat si mamang parkir yang saya nggak tahu namanya. Hambuh mang! [ blur.dok. pribadi ]

Untuk parkir kendaraan sendiri, roda dua di tarif Rp. 2000, dan untuk roda empat Rp. 5000. Dan ini tidak ditarif per jam ya!
Nerslicious
Gerbang masuk utama Curug Cigorobog dan tempat parkir mobil. [ dok. pribadi ]
Nerslicious
Tempat parkir motor yang lumayan luas.


Kenapa Harus ke Air Terjun (Curug) Cigorobog?


Seperti yang sudah saya katakan diatas, curug yang berada tepat sebelum perkebunan teh Margawindu ( Puncak Bogor-nya Sumedang ) ini mempunyai keunikan tersendiri yang membuatnya mampu menyihir siapa saja yang berkunjung kesana.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, lokasi ini lumayan sering dijadikan lokasi untuk pre-wedding session.
Nerslicious
Pre-wedding session di Curug Cigorobog. [dok. pribadi]

Lantas apa saja sih keunikannya?

1. Curug Cigorobog mempunyai Tiga Tingkat Curug berbeda

Seperti halnya Curug Nangga di Banyuwangi atau Air Terjun Bidadari di Sukabumi, Curug Cigorobog juga merupakan curug bertingkat dengan tiga tingkatan yang masing-masing mempunyai ketinggian yang hampir sama yaitu sekitar 10-15 meteran.
Nerslicious
Tingkat pertama Curug Cigorobog. [dok.pribadi]

Nerslicious
Tingkat kedua Curug Cigorobog. [dok.pribadi]

Nerslicious
Tingkat ketiga Curug Cigorobog. [dok. pribadi]

Perpaduan dominasi hijaunya pohon dan rerumputan pegunungan disertai dengan deru air yang saling bersahutan dapat menciptakan aroma relaksasi tersendiri bagi siapapun yang berada di sekitarnya lho!

Nggak percaya? Yuk caw sini!

2. Lokasi ditengah keasrian dan rimbunnya alam pegunungan tropis Sumedang

Curug Cigorobog berada di tengah-tengah alam asri pegunungan Margawindu yang mempunyai ketinggian 930 mdpl. Sehingga Curug Cigorobog mempunyai kesejukan yang hampir sama dengan Perkebunan Teh Lembang yang berada di Bandung.
Nerslicious
Curug Cigorobog dikelilingi rerimbunan pohon dan rerumputan hijau. [dok. pribadi]

Apalagi ketika musim penghujan tiba, tingkat kedinginan air dan kesejukan hawa di sekitar curug dapat turun beberapa derajat.

Jika seperti itu, biasanya kabut tipis hadir diatas curug yang ikut meramaikan khazanah eksotisme pemandangan di sekitar curug.

3. Fasilitas pendukung yang lumayan lengkap

Untuk menunjang kebutuhan para pengunjung, kini pihak pengelola Curug Cigorobog telah membangun beberapa fasilitas pendukung bagi para wisatawan.
Nerslicious
Warung serba ada di lokasi Curug Cigorobog merangkap mushala dan toilet di belakangnya. [dok. pribadi]

Diantaranya warung makanan, masjid, toilet, dan juga beberapa bangunan kecil yang dibangun di pepohonan sebagai tempat istirahat sambil bercengkerama menikmati keindahan curug cigorobog.

Warung makanan juga menyediakan makanan yang lumayan lengkap untuk dinikmati sebagai teman nongkrong seperti kopi, mie rebus, jagung bakar dan bahkan nasi liwet dadakan khas Cibingbin Sumedang.
Nerslicious
Bangunan kecil tempat nongkrong di Curug. [dok. pribadi]


Tips dan Saran Mengunjungi Curug Cigorobog


Pengalaman kemarin ketika saya mengunjungi Curug Cigorobog, ada beberapa tips dan juga saran ketika mengunjungi tempat wisata tersebut, diantaranya ;

1. Persiapan fisik

Walaupun sudah dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan juga roda empat, namun lokasi tempat parkir dan curug lumayan jauh sekitar 100 meter dengan jalan belum diaspal masih jalan tanah merah.
Nerslicious
Jalan tanah merah menuju lokasi Curug dengan panjang sekitar 100 meter. [dok. pribadi]

Selain itu, jalan antar tingkatan curug juga lumayan curam dan ekstrim. Jangan sampai niat hendak cuci mata numpang eksis, malah mendapat hal-haln yang tidak diinginkan karena kurang hati-hati atau kondisi kesehatan yang kurang prima.

2. Disarankan memakai sandal gunung

Yupz, karena jalannya masih jalan setapak berupa tanah merah, disarankan untuk memakai sandal gunung. Apalagi jika sedang musim penghujan seperti sekarang ini, jalanan jadi becek berlumpur dan licin. Belum lagi jalan curam dan ekstrim antar tingkatan curug.

Saya kemarin tidak ingat untuk bawa, jadinya sandal dilepas karena pakai sandal slop yang super licin jika dipakai di medan seperti ini. So, buat teman-teman, be prepared!
Nerslicious
Jalan antar tingkatan curug yang licin dan lumayan curam. [dok. pribadi]

3. Bawa makanan berat ataupun ringan

Sekedar untuk berjaga-jaga, karena ketersediaan makanan di warung tidak selalu stabil.

Seperti pengalaman saya kemarin, setelah puas berenang dan numpang eksis, perut langsung minta diisi. Ketika sampai di warung, si mbak-mbak warung malah bilang ;

"Jagung bakar kosong kang." Ujarnya. "Nasi liwet? Telusur saya. Kirain ada eh nyatanya juga kosong. Yaudah, seduh mie instan saja!

Nah itulah kiranya berbagai hal yang harus diperhatikan dan disiapkan sebelum mengunjungi lokasi wisata ini.

Semoga dapat membantu dan tidak mengurangi niat teman-teman untuk berkunjung ya!


Kesimpulan


Overall, curug cigorobog merupakan salah satu destinasi wisata yang worth it untuk dikunjungi. Selain karena pemandangan dan eksotisme-nya, juga karena curug ini dekat dengan tempat tinggal saya, sekitar 8 Km dari rumah tempat saya tinggal, dapat tour guide gratis ketika melancong? Kapan lagi!

Akhir kata, karena sebelumnya saya tidak dapat jagung bakar maupun nasi liwet di curug, yo wis akhirnya saya mampir ke salah satu lokasi kuliner yang ada disekitar lokasi yaitu : Cobek Ikan Saung Cibingbin.
Nerslicious
Wisata kuliner di sekitar jalan menuju Curug Cigorobog. [dok. pribadi]

Cobek Ikan khas Saung Cibingbin Sumedang

Berenang sudah, numpang eksis sudah, santap siang juga sudah. Tinggal pulang, copas foto-foto ke handphone, langsung post deh di Instagram!

Yuk ah, ke Sumedang!
Advertisement

34 comments

avatar

Emang bener sih inget sumendang jadi inget tahu haha..

Wah pengen ikut nyemplung di air terjun, airnya seger.

avatar

Tuh kan bener kan? Ntar ntar inget Sumedang inget cigorobog bang hehe

Air nya mantap, jernih asli pegunungan bang, tapi dinginnya ampun apalagi di musim penghujan ...

avatar

keren banget nih curug ya, adem lihatnya

avatar

Cakep curugnya.
Bikin adem suasana liatnya.

avatar

Cocok untuk pemotretan prewding ya mang... saya paling suka suasana pegunungan macam nie..

avatar

Lengkap bngat fasilitas curugnya yaa,, adem liatnya

avatar

Wah mantap banget tu air terjunnya, fasilitasnya juga nggak termasuk lengkap.. Pokoknya kl ada yg ngomong sumedang ya keingetnya tahu sumedang yg terkenal kemana2.. Hhh

avatar

asyik buat berwisata segar udaranya, area kotaku sudah ke tkp rutin

avatar

Curug tingkat duanya cakep, semuanya gak terlalu tinggi ya, lebih safe

avatar

Bener mbak, cocok banget buat yang lagi pengen nyari inspirasi atau sekedar menenangkan fikiran jauh dari hingar bingar perkotaan ...

avatar

Se Adem liat mojang bandung di mall ya bang?hahaha

avatar

Sok sini mang biar ntr di fotoin, pre-wedd post-wedd juga mantap. Ga perlu bayar fee tambahan mang...kapan lagi pre wedd harga murmer hehe

avatar

Untuk sekelas curug sih lengkap bang, harus cobain juga cobek ikan + nasi liwetnya, pokoe mantap...

avatar

Ntar ntar kalo denger sumedang, ingetnya saya ya mbak...eh inget curug cigorobog maksdnya wkwkwk

avatar

Bener banget bang, ditemani si dia dan kopi hitam panas sambil menikmati keindahan curug, wah mantap pokonya..

avatar

Iya cocok buat wisata keluarga sambil botram nasi liwet + cobek ikan hehe

avatar

Dulu kuliah di jatinangor. Baca ini ingat sumedang yang serba tahu. Kalau main ke sumedang singgah ah pengen nyebur.

avatar

Tahu lagi tahu lagi, kan #inimahsumedang hehe

Dari jatinangor deket, paling 1 jam. Nyebur disini seger dijamin ...

avatar

Wah aku 6 tahun tinggal di Jatinangor tapi nggak tahu tempat ini. Bagus juga nih air terjunnya, apalagi bisa juga buat foto prewed. Semoga nanti bisa main ke Curug Cigorobog.

avatar

Pas banget ini untuk refreshing dr penatnya jakarta

avatar

Dah lama nggak maen ke curug, jadi kangen akan kesejukannya. Tenang kalau di curug itu.. Apalagi curug cigorobog, tiket masuknya murah juga. Kalau ada waktu dan rezeki pengen bisa nih maen ke curug cigorobog..

avatar

Hehe..benar sumedang mengingatkan pada tahu, ya. Tempatnya bagus, tapi sepertinya harus hati2 dan sabar untuk sampai ke sana..

avatar

Tempatnya bagus dan merupakan lokasi yang belum pernah saya datangi. cuma kalo makan tahunya pernah hehhe

avatar

Wah deket sama Sumedang. Bisa nodong temen klo pas mampir ke sana deh hehe

Tapi kondisi jalan ke sana udah bagus belum ya bang?

avatar

Sini main mas makan cobek ikann sambil ngadem hehe

avatar

Sini sini, ntar ta anterin ke curug2 yang ada di sumedang bang ...

avatar

Kalo musim hujan sih iya, soalnya becek licin jalannya. Tapi kalo kemarau mah lancar jaya jalannya ...

avatar

Sini sini, biar ntar saya jadi tour guide curug nya hehe

avatar

Jalan kesananya bagus ko, cuman pas dari tempat parkir ke curug nya yang masih jalan tanah merah...

avatar

Dari nangor deket mbak, paling Sejam lah ke curug nya... sini sini ngadem hehe

avatar

Harga tiketnya sungguh murah sekali. Saya jadi pengen kesana.

avatar

Oooh... pantes kok foto di artikel sebagian jalannya masih tanah. Q kirain kaya di kampung2 gitu jalannya

Oiya, salam kenal ya bang. Besok2 sering mampir kemari hehe... :D

avatar

Curug ini yang selalu diceritain temen, banyak spot kece. Tracknya juga mudah ya, sepertinya harus ke sana neh.

avatar

karcis masuknyaa muraaah bangeet yahh untuk pemandangan seindah ituu hihiii


EmoticonEmoticon