5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Nerslicious - Tips Kesehatan

Mata, sebuah indera manusia yang amat sangat berharga dan merupakan indera yang sangat berperan penting dalam kehidupan umat manusia.

Melalui mata, peradaban manusia semakin berkembang. Melalui mata pula, berbagai ilmu pengetahuan terlahir dan berbagai teknologi tercipta.

Masih melalui mata, cinta dan kasih sayang bertemu hingga melahirkan jutaan umat yang membentuk peradaban selama berabad-abad lamanya.

Dan tidak dapat dipungkiri, bahwa mata adalah sumber utama visualisasi manusia. Melalui mata, segala bentuk keindahan dunia diproses, menembus kornea, diteruskan melalui pupil hingga akhirnya sampai ke otak dan diperspsikan sehingga kita bisa mengetahui apa yang kita lihat.

"80% ingatan dan memori manusia berasal dari visualisasi mata, sisanya berasal dari indera lainnya." Begitu yang dilansir oleh All Women Stalk.

"Saat sedang bekerja di depan komputer, anda harus menggunakan prinsip 20-20-20 untuk menjaga kesehatan mata anda. Setiap 20 menit anda di depan layar komputer,anda harus melihat objek dengan jarak 20 menter selama 20 detik." Masih menurut All Women Stalk.

Nerslicious Tips Kesehatan
Dikejar deadline dan sibuk stalking IG mantan. Designed by Freepik

Benar memang. Seringkali, karena mungkin dikerjar deadline, target yang belum tercapai, jadwal posting, tidak bisa tidur, atau bahkan penasaran dengan instagram mantan, kita terlalu terpaku terhadap layar smartphone dan komputer. Sehingga mata mengalami fase kelelahan atau kejenuhan.

Fase tersebut terjadi karena paparan cahaya terang yang terlalu lama atau memaksakan melihat dalam cahaya redup, sehingga menyebabkan kerusakan pada retina mata dan degenerasi makula.

Jika hal tersebut terjadi, kita dapat kehilangan penglihatan sentral yang mana hal tersebut membuat hilangnya kemampuan untuk melihat benda yang ada di depan kita.

Seperti yang dilansir dari "HelloSehat", sinar smartphone ataupun laptop dewasa kini menggunakan sinar yang disebut high-energy visible light (HEV light), yang dalam definisi rumitnya dikatakan sebagai sinar dengan panjang gelombang yang pendek, sekitar 415 sampai 455 nm dan kandungan tingkat energi yang tinggi.

Dalam bahasa saya, atau sederhananya, sinar tersebut merupakan sebuah sinar alami yang terkandung dalam matahari.

Pertanyaannya, bukankah sinar matahari itu bagus untuk kesehatan?


Ya. Pada siang hari, sinar matahari bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan mood. Sinar matahari juga berperan dalam pengaturan ritme tidur manusia yang disebut circadian rhythm.

Namun beda halnya jika sinar tersebut numpang eksis di malam hari melalui perangkat digital. Bukan manfaat yang didapat, malah efek negatif yang akan muncul.

Ada cukup banyak penelitian yang mengungkapkan efek yang terjadi pada mata jika terlalu sering terpapar HEV light tersebut. Namun singkatnya seperti ini;

Nerslicious Tips Kesehatan
Ritme sirkadian. www.non-24pro.com

Ketika menjelang sore hari dan sinar matahari mulai meredup, sistem visual manusia mengirimkan sinyal ke inti suprachiasmatic (SCN), yaitu sebuah bagian di hipotalamus yang bertugas mengontrol ritme sirkadian.  Kemudian si SCN ini mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal untuk meningkatkan produksi hormon melatonin dimana hormon ini berfungsi untuk meningkatkan penurunan aktivitas dan membuat kita merasa semakin mengantuk.

Lantas apa yang terjadi jika pada sore hari kita masih terpapar sinar HEV light yang numpang eksis di perangkat digital?


Tentunya si SCN ini tidak akan mendapatkan sinyal dari sistem visual (mata) yang mana jika si SCN tidak mendapatkan sinyal, hormon melatonin tidak akan bertambah. Jika tidak bertambah, maka reaksi tubuh dan ritme sirkadian akan terganggu.

Ini mungkin jawaban dari pertanyaan : Kenapa banyak generasi milenial mengalami insomnia? Ya karena terganggunya ritme sirkadian sebagai efek dari sinar HEV light yang numpang eksis di perangkat digital.

Ada sebuah penelitian yang berkaitan dengan hal ini.

Jadi dalam penelitian tersebut, semua peserta penelitian ditempatkan di ruang bawah tanah untuk beberapa bulan. Tanpa sinar matahari, tanpa jam. Pokoknya semua hal yang berkaitan dengan ritme sirkadian di netralisir. Sehingga para peserta tersebut mulai kehilangan isyarat cahaya alami dari matahari.

Hal tersebut menyebabkan mereka kehilangan pola ritme sirkadian secara bertahap dan mulai bergeser dari pola aktivitas 24 jam menjadi 25 jam.

Ketika semuanya dikembalikan ke dunia normal, dengan cahaya matahari, jam, pola tersebut ternyata tidak berubah. Sehingga jam tubuh mereka beroperasi pada pola 25 jam, bukan 24 jam seperti halnya manusia pada umumnya.

Inti dari penelitian ini adalah bahwa ;
  1. Ritme sirkadian Anda terikat dengan isyarat sinar matahari.
  2. Mengacaukan pola-pola ini dapat menyebabkan sulit tidur.
  3. Tanpa sinyal cahaya, orang cenderung untuk beroperasi pada jadwal 25 jam.
  4. Ritme sirkadian juga berdampak pada suhu tubuh, sensitivitas nyeri, kewaspadaan mental, kekuatan fisik, dan indra.

Jika seperti itu, lantas apa yang harus dilakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan mata di jaman milenial seperti ini?


Untuk menjaga mata agar tetap sehat ditengah maraknya penggunaan smartphone dan laptop, berikut adalah 5 tips untuk menjaga kesehatan mata secara alami khususnya bagi pengguna komputer dan smartphone menurut Nerslicious.com.

1. Makan buah dan sayuran


Beberapa makanan untuk menjaga kesehatan mata diantaranya ada Alpukat yang sarat akan lutein dan mempunyai peranan penting dalam pencegahan degenerasi makula dan katarak. Selain itu blueberry juga mengandung beta-karoten, vitamin C, zat besi,kalium dan kaya akan silikon yang dapat meningkatkan sirkulasi ke mata.

Nerslicious Tips Kesehatan
Buah dan sayur untuk kesehatan mata

Brokoli dan wortel juga bagus untuk dikonsumsi mengingat keduanya dapat membantu mencegah rabuh jauh, masalah penglihatan seperti mata kering dan kebutaan malam.

Selain itu, untuk vegetarian dianjurkan untuk mengkonsumsi bayam yang kaya akan beta karoten,vitamin B6, C, dan K, asam folat, kalsium,zat besi dan juga lutein.

2. Minum air secara optimal


Munculnya lingkaran hitam dan mata sembab seringkali dialami oleh manusia, terutama kaum hawa. Hal tersebut terjadi sebagai akibat dari terjadinya penumpukan lemak dan racun. Seringkali untuk menghilangkan hal tersebut, kaum hawa banyak yang menggunakan krim mata yang dapat membuat menyamarkan mata sembab dan lelah.

Nerslicious Tips Kesehatan
Kebutuhan air manusia. http://www.h4hinitiative.com/indonesia

Namun ternyata,dengan hanya minum air secara optimal,hal tersebut bisa dihilangkan. Karena, air akan meningkatkan proses sirkulasi tubuh termasuk kebagian otak dan mata, sehingga selain dapat membantu menghilangkan mata sembab dan lingkaran hitam, juga dapat memperbaiki sirkulasi aliran darah ke mata dan membuang racun dari tubuh.

Pada umumnya, pria akan memiliki kebutuhan air lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Kebutuhan air anak-anak juga akan lebih sedikit ketimbang orang dewasa. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 2 -3 liter air perharinya. Sedangkan lansia cukup mengkonsumis sebanyak 1 - 1,5 liter perharinya.

3. Gunakan metode palming


Cara ini terbukti efektif untuk melancarkan sirkulasi pada mata. Caranya, gosokan telapak tangan satu sama lain sampai terasa hangat, pejamkan kedua mata untuk beberapa saat dan letakan kedua telapak tangan pada kedua mata. Latihan tersebut akan membuat syaraf-syaraf disekitar mata berdilatasi (melebar) karena adanya rangsang hangat dari kedua telapak tangan.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kompres hangat - jangan terlalu panas - pada kedua mata. Fungsinya sama saja, merangsang proses dilatasi syaraf dan pembuluh darah mata sehingga melancarkan sirkulasi.

Nerslicious Tips Kesehatan
Metode irisan mentimun. Google image.

Irisan mentimun juga dapat menghasilkan efek yang sama dengan rangsang hangat. Mentimun memiliki sifat astrigen yang mana berguna untuk melancarkan peredaran darah pada bagian lapisan permukaan kulit.

4. Melihat objek 20-20-20


Saat sedang bekerja di depan komputer, gunakan prinsip 20-20-20 untuk menjaga kesehatan mata. Setiap 20 menit di depan layar komputer, alihkan pandangan selama 20 detik ke objek selain layar komputer - disarankan objek tersebut berwarna hijau - selama 20 detik.

Nerslicious Tips Kesehatan
Aturan 20-20-20. Medicalxpress.com

Hal ini membantu agar pupil mata tetap aktif ber-konstriksi dan berdilatasi sehingga mata tidak akan jenuh dan penglihatan tetap segar.

5. Latihan blink and close


Pertama-tama, kedipkan mata untuk beberapa kali. Bisa menggunakan hitungan senam (1 - 8). Lalu tutupkan mata. Masih dengan mata tertutup, gerakan kedua bola mata searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.

Dalam fase menutup mata tersebut, iringi dengan mengambil nafas dalam perlahan, lalu keluarkan seiring dengan membuka kedua mata. Lakukan hal tersebut setidaknya 2 menit sebelum berangkat bekerja atau memandangi layar laptop.

Latihan ini berguna untuk pemanasan mata sebelum bekerja dengan paparan cahaya HEV light. Sehingga mata akan lebih siap dna optimal untuk diajak beraktivitas.

Ke lima tips menjaga kesehatan mata diatas hendaknya dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tentu begitu banyak tips menjaga dan merawat kesehatan mata bertebaran diluaran sana, dari mulai saran pribadi berdasar pengalaman, saran dokter sampai kepada hasil-hasil penelitian terkini dan termutakhir.

Namun yang pasti, semuanya mengerucut pada satu hal. Yaitu gaya hidup. Semuanya kembali lagi kepada diri kita masing-masing.

Nerslicious Tips Kesehatan
Stop stalking and turn off the phone. Medicalxpress.com

Sebagai manusia, blogger dan juga internet user, mata merupakan suatu hal yang amat sangat berharga. Pun dengan indera dan organ-organ lainnya. Mari kita sama-sama menjaga kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik di masa kini dan mendatang.

Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

***

Referensi :
  • Cromie, William J, Human Biological Clock Set Back an Hour (Harvard Univ Gazette, July 15, 1999)
  • Czeisler CA, Duffy JF, Shanahan TL, et al, Stability, precision, and near-24-hour period of the human circadian pacemaker (Science. 1999 Jun 25;284(5423):2177-81)
  • Wright KP Jr, Hughes RJ, Kronauer RE, et al, Intrinsic near-24-h pacemaker period determines limits of circadian entrainment to a weak synchronizer in humans (Proc Natl Acad Sci USA Nov 20, 2001; 98(24): 14027)
  • Micic G, de Bruyn A, Lovato N et al, The endogenous circadian temperature period length (tau) in delayed sleep phase disorder compared to good sleepers (J Sleep Res. 2013 Dec;22(6):617-24)

Sumber Gambar :
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

24 komentar

wow segitunya ya dampak tak kena sinar matahari. serem juga.

yang dimaksud dengan pola 25 jam itu yang seperti apa ya? barangkali bisa dijelaskan lebih detil? contoh lain selain dalam ruang bawah tanah?

Balas

Belum pernah coba yang 4 dan 5, makasih ya. Sehari-hari di depan laptop memang riskan kena sakit mata sih. Thanks!

Balas

Saya sendiri di depan monitor selama 12 jam lebih di tempat kerja
belum lagi di kost buka laptop lagi
terkadang memang terasa kering di mata
sesekali saya hanya keluar melihat pemandangan hijau untuk menetralisir

Balas

Terimakasih infonya gan..
Mampir ke blog ana ya gan :D
https://widiawardhani.blogspot.co.id/

Balas

alhamdulillah dapat ilmu lagi sangat bermanfaat mas makasih atas info nya jangan lupa kunkungi blog saya http://www.sahabatislam.ga

Balas

5 tips dan metoda menjaga kekinclongan mata emang penting pisan, komo anu sok nyanghareupan laptop sapo-poena...kuabdibadi dipraktekkeun ah.

nuhun nyak ilmuna

Balas

Tulisannya mantap dan detail! Saya minimal 8 jam di depan layar laptop, belum termasuk mantengin HP, nggak heran kaca mata saya makin tebal wkwkwk... Beberapa ulasan di atas seperti nomor 4 dan 5 sering saya lakukan :D

Balas

Yupz, bener banget mas! Sayangkan kalau pekerjaan kita jadi terhambat gara-gara sakit mata,atau yang lebih parah gara-gara pekerjaan mata kita jadi rusak. Yok ah sayangi mata sedari sekarang ^-^

Balas

Terpapar terus-terusan wajar kalau mata jadi kering mas,yang hijau yang mempesona ya mas? Mantap deh!

Balas

Sok mang, jaman kiwari mah paur,kudu sagala dijaga, cing mangpaat ah! ^-^

Balas

Coba tips lainnya, mudah-mudahan bisa berkurang minus nya. Biar makin cling matanya mas ^-^

Balas

Terima kasih tipsnya, harus dicoba nih..

Balas

info yang baik nih. Ada temannya saya keseringan terpapar layar komputer siang malam, mata satunya mati. Kata dokternya penting banget mengontrol lama waktu di depan komputer

Balas

share yang pas banget nih buat ami, karena ami punya alergi juga di mata dan sehari-harinya duduk depan komputer, pak suami jadi keukeuh banget nyuruh pake kacamata antiradiasi mungkin ini bisa jadi tambahan info juga hehe

yaaa meskipun baca di google, katanya kacamata antiradiasi gak terlalu berpengaruh karena komputernya sendiri udah ada pelindung.. (apasihnamanya) tapi ami nyaman juga nih pake kacamata ini hihi

Balas

waduh, ini lumayan! bisa dipraktekin habis selancar di dunia maya :D
terima kasih om !
salam hangat

Balas

beh kerjaanku tiap hari di depan komputer

Balas

Latian yang blink and close belum dicoba nih.. kayanya asik juga.. btw ia nih kang minus saya ud makin nambah aja, skg ud 2,5 hijs moga aja minusnya bisa ngurangi dan mata bs sehat kembali

Balas

Kalau mata saya gampang kering mas, sama dokter disuruh pakai obat tetes setiap 3 jam sekali. Haha

Balas

Kalau saya lebih suka melihat obyek 20-20-20. Jika lelah, mengalihkan pandangan sejenak. Biar mata rileks pastinya.

Balas

Mamah Tira dipanggil Mas. Hihihi... :p

Balas

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Advertiser