10 Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat - Nerslicious

10 Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat

Makanan Penurun Darah Tinggi

Menurunkan Darah Tinggi secara Natural merupakan tujuan akhir saya membuat artikel mengenai hipertensi di blog ini. Selain karena hipertensi merupakan penyakit yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang mengancam jiwa, juga karena angka kejadian Hipertensi di Indonesia yang lumayan besar.

Karena sebagai tenaga kesehatan, saya percaya bahwa masa depan ilmu kesehatan bukanlah pengobatan. Melainkan pencegahan. Setuju? Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Melalui artikel ini, yang mengandung informasi mengenai berbagai jenis makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara natural dan mengurangi ketergantungan akan obat-obatan, saya berharap teman-teman tidak hanya sekedar membaca lalu meninggalkannya.

Praktikanlah. Karena dalam beberapa kasus, mengkonsumsi beberapa makanan dibawah ini secara teratur dalam 6 minggu, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

Selain itu, makanan dibawah ini juga tidak akan mengurangi kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, karena mengandung mineral yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengembalikan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat.

Namun tentunya, hal ini harus juga didukung dengan gaya hidup yang sehat seperti berolahraga secara teratur, berhenti merokok, minum-minuman alkohol, dan membatasi asupan garam, sehingga hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Pertanyannya adalah ;

Makanan yang seperti apa yang dapat menurunkan darah tinggi?


Rendah garam.

Yup! Teman-teman tidak salah. Makanan rendah garam memang masih menjadi primadona dalam daftar makanan penurun darah tinggi.

Namun ...

... makanan rendah garam saja tidak cukup. Beberapa penelitian baru-baru ini menemukan bahwa setidaknya makanan rendah garam tersebut harus memiliki salah satu mineral yang termasuk kedalam  kelompok power mineral.

Lantas apa saja power mineral tersebut?

Kalsium, Magnesium dan Potassium.

Jadi, makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat adalah makanan yang :
  1. Rendah garam dan tinggi kalsium
  2. Rendah garam dan tinggi magnesium
  3. Rendah garam dan tinggi potassium
  4. Rendah garam dan atau tinggi kalsium, magnesium, dan potassium.

Sehingga, dari pernyataan diatas, jika teman-teman bertanya tentang makanan penyebab darah tinggi, maka jawabannya adalah ;

Makanan penyebab darah tinggi adalah makanan-makanan yang ;

  1. Tinggi garam dan rendah kalsium
  2. Tinggi garam dan rendah magnesium
  3. Tinggi garam dan rendah potassium
  4. Tinggi garam dan atau rendah kalsium,magnesium, dan potassium

Dan untungnya, itulah jenis makanan yang akan dibahas dalam artikel ini. Sehingga teman-teman tidak perlu kesana kemari mencari artikel mengenai makanan-makanan tersebut.

Lho, kenapa kalsium, magnesium dan potassium dapat menurunkan tekanan darah tinggi?

Atau

Lho, kenapa juga rendah kalsium, magnesium dan potassium dapat menyebabkan darah tinggi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, teman-teman bisa membaca artikel berikut ini ;

Oke, lanjut ya ...

Makanan-makanan dibawah ini selalu saya rekomendasikan untuk klien-klien homecare saya sebagai menu makanan untuk penderita darah tinggi. Teman-teman bisa menjadikannya sebagai jus, tambahan untuk smoothie, atau bahkan dimakan secara langsung.

Yuk, check this out!

12 Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi


1. Pisang 


Satu buah pisang sedang memberikan 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% dari kalium yang teman-teman butuhkan setiap harinya.

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menetralisir kandungan natrium dalam darah. Sehingga efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Kiat: Buah yang murah meriah yang sangat mudah didapatkan di setiap tempat di Indonesia. Buah ini dapat dimakan langsung, dijadikan smoothies atau jus, terserah teman-teman. Pisang juga dapat membantu menurunkan hormon stres dalam darah lho!

2. Kacang Putih


Satu gelas kacang putih mengandung 13% kalsium, 30% magnesium, dan 24% potassium dari yang selalu dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Kiat : Teman-teman bisa menggunakan makanan ini sebagai cemilan, dibuat sup kacang, atau teman nasi saat makan. Pilihlah kacang putih kalengan yang rendah garam atau kacang putih kering rendah garam. Jika tidak ada, gunakanlah kacang putih kering biasa lalu masak dalam semalam dengan slow cooker. Sehingga kandungan garamnya akan berkurang drastis.

3. Yoghurt Bebas Lemak


Satu cangkir yoghurt tawar bebas lemak mengandung 49% kalsium, 12% magnesium, dan 18% potasium dari yang tubuh butuhkan setiap harinya.

Kiat: Yoghurt bisa dijadikan cemilan, sarapan, atau dijadikan saus untuk salad. Walaupun kebanyakan merk yoghurt mempunyai kandungan kalsium lebih tinggi, namun pastikan teman-teman membeli yoghurt yang rendah gula dan tanpa perasa. Apapun merknya.

4. Ikan Nila


Empat ons ikan nila megandung 8% magnesium dan 8% potasium dari yang teman-teman butuhkan setiap harinya.

Kiat: Ikan putih ringan ini tersedia sepanjang tahun di supermarket dan toko ikan, baik yang masih segar ataupun yang sudah menjadi fillet beku. Teman-teman bisa memasaknya, memanggangnya, menumisnya, dan membumbuinya dengan berbagai bumbu, tentunya dengan membatasi jumlah garam. Ikan nila juga merupakan ikan yang lumayan kebal terhadap racun lingkungan seperti merkuri dan PCB (polychlorinated biphenyls). Karena itulah ikan jenis ini masuk kedalam power foods untuk menurunkan hipertensi.

5. Buah kiwi


Satu buah kiwi mengandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% potasium dari yang teman-teman butuhkan setiap harinya.

Kiat: Buah Kiwi tersedia sepanjang tahun di supermarket. Kiwi matang dapat disimpan di lemari es atau di meja makan sebagai pencuci mulut. Oh ya, buah ini mengandung lebih banyak vitamin C buah jeruk dengan jumlah yang sama lho!

6. Buah Persik dan Nektarin


Satu buah peach atau nektarin memberikan 1% kalsium, 3% magnesium, dan 8% dari potasium yang teman-teman butuhkan setiap hari.

Kiat: Potongan buah persik tanpa pemanis beku adalah alternatif yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan. Buah ini bisa dimakan langsung, dijadikan smoothie, atau dijadikan jus.

7. Kubis


Satu cangkir kale, mentah atau dimasak, menyediakan 9% kalsium, 6% magnesium, dan 9% dari potasium yang teman-teman butuhkan setiap harinya.

Kiat: Kubis mempunyai kandungan kalori yang rendah dan dianggap sebagai makanan super karena mengandung antioksidan dalam jumlah yang banyak.

8. Paprika Merah


Satu cangkir paprika merah mentah menyediakan 1% kalsium, 4% magnesium, dan 9% dari potasium yang teman-teman butuhkan setiap harinya.

Kiat: Simpan paprika merah dengan dibungkus kertas buah agar sedikit lembab dan tidak kering didalam kulkas hingga 10 hari. Selanjutnya, teman-teman bisa memakannya secara langsung (kalau suka), di jus, atau dijadikan masakan apapun. Tapi ingat, batasi asupan garamnya ya!

9. Brokoli


Satu cangkir brokoli yang dimasak menyediakan 6% kalsium, 8% magnesium, dan 14% dari potasium yang teman-teman butuhkan setiap hari.

Kiat: Sayuran cruciferous ini juga merupakan sumber fitonutrien pelawan kanker yang terkenal yang disebut glucosinolates. Cara makannya tergantung selera teman-teman. Bisa dikukus, dijadikan sayur, atau apapun sesuai selera.

10. Ubi


Satu ubi jalar sedang dengan kulit menyediakan 4% kalsium, 8% magnesium (7% tanpa kulit), dan 15% potasium (10% tanpa kulit) yang teman-teman butuhkan setiap harinya.

Kiat: Ubi jalar bisa dijadikan sebagai pencuci mulut karena rasanya yang manis, dijadikan tambahan untuk smoothie, atau bahkan dipanggang dikala hujan melanda. Selain menghangatkan tubuh, juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah itulah ke 10 makanan penurun darah tinggi versi Nerslicious. Teman-teman tidak perlu memakan semuanya dalam satu hari. Cukup beberapa saja, namun pastikan untuk mengkonsumsinya secara teratur selama 6 minggu untuk hasil yang optimal.

Disclaimer :

Apa yang saya tulis disini berdasarkan pada beberapa penelitian dan pengalaman selama 2 tahun sebagai seorang perawat. Saran saya, selalu konsultasikan masalah kesehatan teman-teman dengan tenaga kesehatan terkait, jangan hanya mengambil kesimpulan berdasar "katanya" atau artikel dari Google.

Tulisan ini hanya untuk membantu teman-teman untuk mendapatkan referensi tips kesehatan yang nantinya bisa dijadikan bahan diskusi lanjutan dengan petugas kesehatan.

Jika ada pertanyaan, saran, tanggapan ataupun kritik, mari diskusikan di kolom komentar. Saya Nugraha Fauzi, thanks for reading. Stay healthy!

14 Responses to "10 Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat"

  1. Wew kl aku malah darah rendah nih mas, jd besol share tips makanan untuk menaikan tensi yak.. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, siapp ntar di bikin artikelnya khusus buat mbak ell ya, Insya Allah ...

      Hapus
    2. Asiik, ku tunggu loh yaa

      Hapus
  2. wah pisang dan ubi paling gampang di dapat bang nanti saya usahakan setiap beli pisang ubi ya sekali seminggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah meriah namun kaya manfaat, monggo bang :)

      Hapus
  3. Tipsnya bagus buat ibuku nih. Kalau rajin mengkonsumsi makanan ini,tekanan darahnya insyaallah normal ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah. Asal secara reguler dikonsumsi selama 6 minggu, jaga pola hidup sehat, insya Allah hasilnya bisa maksimal. Amiinnn

      Hapus
  4. Alhamdulillah, istri saya paling sering menyediakan pisang di rumah untuk dimakan sekeluarga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus itu mas, selain nikmat, murah dan banyak manfaat ...

      Hapus
  5. Kacang putih itu seperti apa ya? Baru tahu jenis kacang yang satu ini

    BalasHapus
  6. Saya lebih suka ubi. Dan biasanya saya makan mentah-mentah. Rasanya manis-mansi gimana gitulah. Ya memang seperti itu.

    BalasHapus
  7. Jadi ada makanan penurun darah juga ya bang, saya kira cuma bisanya ke dokter

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel